• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

Satu Peleton Banser Gresik Ke Lumajang Bantu Korban Erupsi Semeru

Satu Peleton Banser Gresik Ke Lumajang Bantu Korban Erupsi Semeru
Satu peleton Banser Gresik berangkat ke Lumajang untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/M Sayfik Hoo)
Satu peleton Banser Gresik berangkat ke Lumajang untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/M Sayfik Hoo)

Gresik, NU Online jatim

Pimpinan cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gresik menerjunkan pasukannya menuju lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Sebanyak satu peleton Banser dari perwakilan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) se-Kabupaten Gresik itu diberangkatkan dari Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, Rabu (15/12/2021)

 

Ketua PC GP Ansor Gresik, Abdul Rokhim mengatakan, satu peleton anggota Banser yang dikirim ke Lumajang itu akan bertugas selama sepekan penuh. Di sana, mereka akan membantu para relawan lain yang telah berada di Posko NU Peduli, tepatnya di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. 

 

"Mereka akan membantu tugas-tugas relawan yang berada di Posko NU Peduli. Mereka nantinya akan bergabung bersama relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Gresik," ujarnya. 

 

Menurut Abdul Rokhim, ada tiga hal yang menjadi prioritas dan harus dikerjakan oleh anggota Banser. Di antaranya membantu operasi Posko NU Peduli, membersihkan sisa abu vulkanik di rumah-rumah warga, dan membuat fasilitas MCK permanen. 

 

"Tiga hal itu yang menjadi prioritas, dan harus diutamakan oleh anggota Banser selama di lokasi," terang Abdul Rokhim.

 

Abdul Rokhim menegaskan, pengiriman anggota Banser ini merupakan bentuk komitmen kemanusiaan atas terjadinya musibah erupsi Gunung Semeru. Sebagai kader NU, hukumnya fardhu ain menolong sesama saudara dan umat Muslim, terutama yang sedang tertimpa musibah.

 

"Sebagai bentuk kepedulian Banser dan misi kemanusiaan, serta untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak erupsi," tandasnya.

 

Pihaknya berpesan kepada seluruh anggota Banser yang bertugas, agar senantiasa menjaga kesehatan dan tetap waspada. Mengingat, sampai saat ini Gunung Semeru masih aktif. 

 

"Kami berpesan agar seluruh anggota Banser serta relawan yang berada di lokasi terus menjaga kesehatan dan tetap waspada. Semoga bencana ini segera berakhir," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru