• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 29 Januari 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

Ketua NU Jatim Ajak Warga Bantu Korban Bencana Erupsi Semeru

Ketua NU Jatim Ajak Warga Bantu Korban Bencana Erupsi Semeru
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar ajak warga bantu korban bencana erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ)
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar ajak warga bantu korban bencana erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ)

Lumajang, NU Online Jatim

Sehari pasca terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, pemerintah daerah bersama aparat dan para relawan tarus berjuang untuk mengevakuasi para korban. Di saat yang sama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang juga membuka posko relawan dan bantuan di Kantor PCNU Jalan Alun-Alun Timur Nomor 03 Lumajang.

 

Untuk itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya warga NU, untuk berdonasi guna membantu para korban erupsi Gunung Semeru. Sebab, uluran tangan sangat dibutuhkan untuk meringankan beban para korban.

 

"Kaum muslimin, warga NU, pengurus NU, para aghniya, mari kita berdonasi, kita membantu saudara-saudara kita di Lumajang yang terkena musibah (erupsi) Semeru," kata Kiai Marzuki, Ahad (05/12/2021) sore.

 

Selain itu, Kiai Marzuki juga mengingatkan agar donasi tersebut disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) secara koordinatif di masing-masing daerah

 

"Pastikan lewat LAZISNU di masing-masing daerah atau kecamatan, lalu berkoordiansi dengan kabupaten atau kota, lalu berkoordinasi dengan LAZISNU Jawa Timur," jelas Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Gasek  Malang ini. 

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah menambahkan, sejak hari pertama terjadinya bencana, para relawan dari LAZISNU Lumajang, Banser Lumajang, LPBINU Lumajang dan sejumlah elemen lainnya langsung bergerak cepat membantu para korban. Mulai dari evakuasi, mendistribusikan bantuan, hingga menggalang dana.

 

"Senin besok, tim relawan dari PWNU Jatim juga akan terjun ke lokasi untuk mengirimkan bantuan awal, sekaligus memastikan apa saja kebutuhan para korban, baik pada masa darurat maupun masa recovery nanti," katanya.

 

Menurut Afif, LAZISNU di semua tingkatan siap melaksanakan arahan dari Ketua PWNU Jatim mengenai ajakan berdonasi tersebut. LAZISNU Jatim, lanjutnya, telah berkoordinasi dengan LAZISNU kabupaten/kota se-Jawa Timur untuk mengoptimalkan penggalangan dana bantuan dari para donatur dan berkolaborasi dengan seluruh elemen organisasi. Donasi tersebut dapat pula disalurkan melalui link https://kitabisa.com/semerupulih.

 

Hingga berita ini ditulis, donasi dan bantuan terus berdatangan dari sejumlah instansi. Sebagian bantuan tersebut telah didistribusikan oleh relawan NU Peduli Semeru ke lokasi pengungsian.

  

Pengungsian warga terdampak tersebut di antaranya tersebar di Balai Desa Penanggal dan Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, serta sejumlah rumah ibadah dan fasilitas pendidikan yang tersebar di beberapa titik.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru