• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 29 Januari 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

NU Lumajang Pusatkan Posko Bantuan Erupsi Semeru di Kantor PCNU

NU Lumajang Pusatkan Posko Bantuan Erupsi Semeru di Kantor PCNU
Tim NU Peduli Semeru di posko utama PCNU Lumajang saat menghimpun bantuan yang masuk, Ahad (05/12/2021). (Foto: NOJ/ Sufyan Arif).
Tim NU Peduli Semeru di posko utama PCNU Lumajang saat menghimpun bantuan yang masuk, Ahad (05/12/2021). (Foto: NOJ/ Sufyan Arif).

Lumajang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang membuka posko utama donasi bencana erupsi Semeru di kantor NU I jalan Alun-alun timur No 3 Lumajang pada Ahad (05/12/2021).

 

Hal itu dilakukan agar memudahkan warga NU yang ingin menyalurkan bantuannya. KH Jamaludin, Ketua PCNU Lumajang menuturkan, selain memudahkan warga juga sebagai langkah satu pintu untuk koordinasi dan pendataan.

 

"Ini juga bentuk langkah transparan dari NU peduli Semeru Lumajang, semua jenis bantuan akan dipusatkan di sini (kantor PCNU Lumajang)," jelasnya.

 

Abah Jamal, sapaan akrab Ketua NU Lumajang berpesan penanganan bencana ini hendaknya satu komando dalam wadah NU peduli. "Sehingga upaya penanganan bencana ini bisa tepat sasaran,” lanjutnya.

 

Ia menambahkan, semua Badan Otonom (Banom) NU seperti Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Fatayat, dan Muslimat NU serta lembaga NU terkait semisal Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) harus terus bekerja sama.

 

“Kami instruksikan saling mendukung. Jangan saling tumpang tindih kegiatan. Sehingga bisa mengelola kegiatan relawan dengan baik,” imbuhnya.

 

Dari hasil pantauan, sepanjang jalan raya semua elemen NU Lumajang di semua tingkatan baik lembaga maupun Banom bergotong-royong open donasi.

 

Terpisah, Dani Novita relawan NU Peduli Semeru yang bertugas di Posko utama PCNU Lumajang menjelaskan, hingga berita ini ditulis bantuan masih terus mengalir dan sudah ada yang dibawa ke lokasi bencana.

  

"Open donasi masih sedang berjalan, di rekening LAZISNU sudah mendekati Rp 25 juta," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru