• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Mei 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

NU Peduli Semeru Salurkan Ratusan Nasi Bungkus ke Warga Terdampak

NU Peduli Semeru Salurkan Ratusan Nasi Bungkus ke Warga Terdampak
Tim NU Peduli Semeru saat mendistribusikan nasi bungkus kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Tim NU Peduli Semeru saat mendistribusikan nasi bungkus kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Pos NU Peduli Semeru di Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang gerak cepat sejak tadi malam menuju ke pemukiman penduduk sekitar Gunung Semeru yang erupsi. Mereka mendistribusikan ratusan nasi bungkus kepada warga terdampak, Ahad (05/12/2021).

 

“Kami sudah mendistribusikan sebanyak 200 nasi bungkus kepada penduduk di pengungsian Balai Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh, serta kepada warga sekitar yang masih aman,” ujar Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Lumajang, Abdul Majid Ridwan.

 

Ia menyebutkan, puluhan relawan berada di lokasi. Mereka adalah sebanyak 5 anggota LPBINU Lumajang, 6 orang personil Barisan Ansor Serbaguna (Banser), dan 2 orang dari Sanggub.

 

Dalam upaya membantu warga yang terdampak, relawan di lapangan membutuhkan kebutuhan-kebutuhan mendesak. Yakni berupa makanan siap saji, selimut, vitamin dan obat-obatan. 

 

“Selain itu juga membutuhkan terpal atau alas tidur, masker, keperluan bayi, sandal jepit atau alas kaki, pakaian layak pakai, serta oksigen portable untuk korban yang terkena sesak nafas,” terangnya.

 

Ridwan menginformasikan, bahwa update sementara tercatat ada dua orang yang ditemukan meninggal dunia, 30 orang luka berat, dan lima orang luka ringan. 

 

“Sebagian korban sudah dirujuk ke Puskesmas Penanggal sebanyak 25 orang dan yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebanyak 12 orang,” ungkapnya.

 

Pihaknya mengaku akan terus melakukan pencarian korban serta akan terus mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak. “Pencarian dan distribusi bantuan akan terus kami lakukan bersama relawan lainnya,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru