• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Sebanyak 27.303 Formasi Guru Agama Honorer Bakal Dibuka Kemenag

Sebanyak 27.303 Formasi Guru Agama Honorer Bakal Dibuka Kemenag
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/ IG Gus Yaqut).
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/ IG Gus Yaqut).

Surabaya, NU Online Jatim

Kabar gembira bagi guru agama honorer di seluruh tanah air. Sebab, Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka lowongan bagi guru agama honorer sebanyak 27.303 formasi.

 

Dilansir dari kompas.com, lowongan ini dibuka pada seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mendatang. "Kementerian Agama pada tahun 2021 merencanakan membuka formasi untuk calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja sebanyak 27.303 bagi guru agama honorer," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat dengan Komisi VIII DPR, Kamis (08/04/2021).

 

Adapun lowongan guru agama honorer yang akan dibuka oleh Kementerian Agama terdiri dari 39 orang guru agama Buddha, 403 orang guru agama Hindu, 22.927 orang guru agama Islam, 1.207 orang guru agama Katolik, dan 2.727 orang guru agama Kristen.

 

Gus Yaqut menjelaskan, berkaitan dengan rencana pembukaan lowongan tersebut, Kementerian Agama telah membentuk tim konsorsium untuk menyusun rencana dan agenda kerja.

 

Selanjutnya, tim konsorsium juga akan bertugas memverifikasi dan menyinkronisasi data calon PPPK guru agama pada sekolah negeri, menyusun modul, menyusun soal tes kompetensi teknis, dan menyusun instrumen wawancara.

 

Menurutnya, pendaftaran tahap pertama akan dilaksanakan pada minggu ketiga Mei 2021 hingga minggu keempat Juni 2021 mendatang. "Seleksi tahap pertama dilakukan bulan Agustus, pengumuman pemberkasan dan penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) bulan September 2021," jelas Yaqut.

 

 

Untuk seleksi tahap kedua, pengumuman dan pemberkasan NIP direncanakan pada November 2021 sedangkan tahap ketiga, pengumuman dan pemberkasan NIP direncanakan pada Januari 2021.


Editor:

Metropolis Terbaru