• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Semarak Muharram, MA Muslimat NU Sidoarjo Gelar Lomba hingga Baksos

Semarak Muharram, MA Muslimat NU Sidoarjo Gelar Lomba hingga Baksos
Kepala Sekolah MA Bilingual Muslimat NU menyerahkan simbolis kepada Kepala Desa Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R).
Kepala Sekolah MA Bilingual Muslimat NU menyerahkan simbolis kepada Kepala Desa Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Semarak peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah dan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 masih dalam masa pandemi Covid-19. Walaupun dengan segala keterbatasan, tidak mengurangi semangat banyak kalangan untuk memperingatinya.

 

Seperti Madrasah Aliyah (MA) Bilingual Muslimat NU Kabupaten Sidoarjo, yang turut menyemarakkan dengan menggelar lomba dan doa bersama virtual, serta bakti sosial (baksos), Kamis (19/08/2021).

 

Baksos dilakukan dengan membagikan 100 paket bahan pokok untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada Kepala Desa setempat di Gedung MA Bilingual Muslimat NU, Jalan Antartika No 20 Siwalanpanji, Sidoarjo.

 

Kepala Sekolah MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo, Dwi Sulystyanto mengatakan, baksos ini diselenggarakan atas dasar kemanusian, yang merupakan hasil sumbangan dari wali murid dan guru setempat. Ia berharap agar bangsa Indonesia khususnya siswa dan guru serta wali murid segera bebas dari pandemi Covid-19.

 

“Semoga pula para pahlawan yang telah gugur, amal ibadahnya diterima dan mendapatkan maghfiroh dari Allah SWT,” ucapnya.

 

Sementara itu, Iffah guru MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo menuturkan, acara tersebut sangat penting untuk menumbuhkan karakter Islami dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam diri siswa.

 

“Jika remaja sekarang tidak diberi stimulus, maka rasa nasionalismenya bisa semakin luntur, bahkan bisa membahayakan bangsa. Saya kira, acara seperti ini harus sering digelar, jika perlu diadakan setiap bulan,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

 

Sementara Sultan A Dava, siswa MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo yang menang lomba Konser Kemerdekaan di sekolah, mengajak para siswa untuk selalu berjuang dan berkarya.

 

 

“Di era kemerdekaan ini, apapun bentuknya kita harus selalu berjuang dan berkarya. Kondisi pandemi hendaknya tidak menjadi masalah, namun justru sebagai pelecut semangat untuk membangun bangsa dan muslim sejati,” katanya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru