• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Metropolis

Harlah Ke-99 NU

Silaturahim PBNU di PWNU Jatim Terapkan Mask Detector

Silaturahim PBNU di PWNU Jatim Terapkan Mask Detector
Penggunaan alat pendeteksi masker saat silaturahim PBNU di PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)
Penggunaan alat pendeteksi masker saat silaturahim PBNU di PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim

Berbagai acara dihelat dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdlatul Ulama. Salah satunya adalah silaturahim Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jatim yang digelar Kamis (17/02/2022) di Aula KH Hasyim Asy’ari Kantor PWNU Jatim.

 

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, PWNU Jatim menyiapkan sistem protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat, salah satunya dengan menggunakan mask detector atau alat pendeteksi masker.

 

Ketua Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Media Center PWNU Jatim, Ach Fahruddin mengatakan, bahwa mask detector tersebut digunakan untuk mendeteksi orang yang tidak menggunakan masker.

 

“Alat ini bisa mendeteksi orang yang tidak menggunakan masker. Kemudian memberi peringatan berbentuk suara agar menggunakan masker,” katanya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa sistem kerja mask detector ini menggunakan aplikasi face detector (deteksi wajah) yang tersedia di android.

 

“Kemudian untuk bisa mendeteksi masker diperlukan kamera handphone yang sudah terinstal face detector. Selanjutnya aplikasi akan mendeteksi dan memberikan peringatan,” imbuhnya.

 

Fahruddin mengungkapkan, bahwa aplikasi tersebut ke depan akan dilakukan pengembangan serta akan disebarluaskan melalui playstore.

 

“Ke depan, aplikasinya akan kami kembangkan agar bisa diunduh secara gratis dan mudah melalui playstore. Sehingga dapat berkontribusi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru