• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Siswa MI Ma’arif Ketegan Sidoarjo Gelar Studi ke Singapura dan Malaysia

Siswa MI Ma’arif Ketegan Sidoarjo Gelar Studi ke Singapura dan Malaysia
Siswa, Wali Murid dan Guru MI Ma'arif Ketegan Sidoarjo saat studi ke Malaysia dan Singapura, 15-19 November 2022. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Siswa, Wali Murid dan Guru MI Ma'arif Ketegan Sidoarjo saat studi ke Malaysia dan Singapura, 15-19 November 2022. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ketegan Sidoarjo usai mengunjungi Singapura dan Malaysia selama lima hari mulai tanggal 15-19 November 2022. Umi Salamah, Kepala Madrasah mengajak siswa-siswinya berkunjung ke beberapa instansi guna menambahwah cakrawala pengetahun dan pengalaman siswa di kedua negara tersebut. 

 

“Kami mengajak tiga siswa ke Kedutaan Besar Rupublik Indonesia (KBRI) Singapura, Al Zuhri Higher Learning Singapore dan Malaysia juga ke International Islamic School Malaysia atau IISM,” katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (22/11/2022) malam.

 

Mulalui kunjungan ini, Umi berharap siswanya dapat mengambil banyak ilmu dari beberapa instansi yang dikunjungi. Ketiga siswa itu mendapat wawasan seputar kehidupan Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura dari Bapak Satrya Wibawa selaku pejabatan Pendidikan KBRI.

 

“Kami bersama dua guru dan tiga wali siswa sharing seputar keunggulan sistem pendidikan di sana,” ujarnya.

 

Di Al Zuhri Higher Learning Singapore para siswa mendapat pembelajaran Bahasa Inggris sesuai materi yang sesuai dengan budaya Singapura. Sementara saat di International Islamic School Malaysia para siswa mendapat kesempatan untuk belajar bersama pelajar yang berasal dari berbagai macam negara. Umi mengaku senang dapat melihat siswanya berinteraksi dengan siswa lain seperti layaknya teman sekelas sendiri.

 

“Alhamdulillah, tergambar dari kegitan tersebut bahwa siswa MI Ma’arif Ketegan Sidoarjo bisa mengikuti pelajaran dan bisa berinteraksi dengan pelajar dari berbagai negara meski kurang lancar,” ucapnya.

 

Dari kegiatan ini telah terlihat MI Ma’arif Ketegan Sidoarjo sudah mampu untuk mempersiapkan siswa untuk menyongsong tantangan global dan menyambut Indonesia emas tahun 2045 nanti. Disebutkan tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan motivasi siswa untuk lebih giat belajar lagi.

 

“Orang tua dan guru yang juga ikut serta dalam kegiatan ini bisa menyerap hal-hal yang positif baik dari sisi kurikulum atau yang lain kemudian dapat mengadobsi untuk diterapkan di MI Ma’arif Ketegan Sidoarjo tercinta,” tandasnya. 


Metropolis Terbaru