• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Kediri Raya

Kenali Dunia Profesi, Mahasiswa UNU Blitar Studi Banding ke Yogyakarta

Kenali Dunia Profesi, Mahasiswa UNU Blitar Studi Banding ke Yogyakarta
Mahasiswa Prodi PGSD UNU Blitar saat studi banding ke Yogyakarta. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Mahasiswa Prodi PGSD UNU Blitar saat studi banding ke Yogyakarta. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar melakukan kunjungan ke Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPP MPV) Seni dan Budaya serta Balai Bahasa di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (19/07/2022).


“Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program Kuliah Kerja Profesi (KKP), yang juga salah satu penyempurna mata kuliah di Prodi PGSD,” ujar Kepala Prodi PGSD UNU Blitar, Isna Khuni Mualimah.


Dirinya menjelaskan, tujuan dengan adanya kunjungan ini adalah mendekatkan mahasiswa terhadap dunia profesi, serta agar mahasiswa dapat mengetahui dan mempraktikkan pengembangan kurikulum saat ini.


“Sehingga mahasiswa mampu mencapai kompetensi yang unggul, serta mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran,” ungkapnya.


Isna menambahkan, dengan terlaksananya kunjungan ini mahasiswa dapat mempelajari berbagai hal penting terkait seni dan budaya. Salah satunya mengenai eksistensi budaya lokal dalam pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar di masa kini.


Disebutkan, bahwa salah satu yang perlu diperhatikan terkait pendidikan karakter adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang budaya ramah masyarakat Indonesia. Yaitu dengan adanya aturan tata krama, penggunaan bahasa yang santun, dan lain sebagainya.


“Seperti yang dipaparkan oleh BBPP MPV Seni dan Budaya Yogyakarta, bahwa mahasiswa juga perlu mempelajari tentang pentingnya penggunaan bahasa yang baik bagi siswa di tingkat sekolah dasar. Dan itu perlu ditanamkan sejak dini,” imbuhnya.


Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena bila sedari kecil sudah terbiasa dengan pendidikan karakter yang baik, maka ke depan akan melahirkan generasi yang berkarakter dan cinta budaya lokal.


“Dan PGSD UNU Blitar, melalui KKP ini berkomitmen untuk membentuk tenaga pengajar yang kompeten dan mahir di bidangnya,” kata Isna.


Pihaknya berharap mahasiswa dapat memanfaatkan dan mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh. “Serta bisa menempatkan nilai luhur Indonesia dalam setiap perkembangan yang ada,” tandasnya.


​​​​​​​Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi PGSD UNU Blitar tahun angkatan 2019 dan 2018, baik dari kampus pusat di Blitar maupun yang ada di cabang.


Kediri Raya Terbaru