• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 24 Februari 2024

Kediri Raya

Alumni IPNU IPPNU UNU Blitar Ungkap Kader NU Harus Miliki Bekal yang Cukup

Alumni IPNU IPPNU UNU Blitar Ungkap Kader NU Harus Miliki Bekal yang Cukup
Sarasehan. (Foto: NOJ/Ika)
Sarasehan. (Foto: NOJ/Ika)

Blitar, NU Online Jatim

Alumni Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar ulas pentingnya peran organisasi pelajar NU dalam berkhidmah.

 

Demisioner Ketua IPNU UNU Blitar Khafin Zubaidi mengungkapkan, eksistensi PKPT saat ini perlu dimasifkan. Maka dari itu, sebagai kader istimewa yang berada dalam lingkup kampus, kader PKPT perlu mempersiapkan dirinya.

 

“Paling tidak memiliki bekal keilmuan yang cukup dan mampu menjadi contoh ideal untuk Pelajar NU, utamanya di Kabupaten Blitar,” ungkap Khafin kepada NU Online Jatim, Rabu (19/07/2022).

 

Menurutnya, kader PKPT seharusnya mampu menjadi salah satu pengawal jalannya organisasi IPNU IPPNU, baik di tingkat cabang, anak cabang hingga ranting. Dan kader harus mampu PKPT mampu menawarkan solusi ketika ada permasalahan.

 

“Karena PKPT adalah wadah terbaik untuk berproses. Di sini tempat bertemunya para kader dari berbagai tingkatan untuk berdiskusi, saling berpendapat, bertukar pikiran, dan berbagi ilmu baru,” jelasnya.

 

Koordinator Departemen Organisasi Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Blitar ini juga menuturkan, selain berproses dan berkhidmah kader PKPT juga perlu adanya komitmen yang kuat serta adanya kemauan untuk berproses dengan mengembangkan potensi yang dimiliki.

 

“Kuatkan komitmenmu, atur kembali tujuanmu, dan jangan bertanya apa yang akan kamu dapat di IPNU-IPPNU, tapi bertanyalah apa yang bisa saya berikan untuk IPNU-IPPNU. Tetap lah untuk berproses, karena proses tidak akan menghianati hasil,” tuturnya

 

Senada dengan hal tersebut, Ketua PKPT UNU Blitar, Febrianto mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Pertama, memperbanyak membaca.

 

“Sebab dengan membaca akan menambah pengetahuan dan cakrawala para kader PKPT, apalagi stereotip ‘lumbungnya intelektual’ sudah melekat di PKPT,” kata Febri.

 

Kedua, memperbanyak berdiskusi dengan alumni, karena sudah banyak alumni PKPT yang berhasil berproses dan menemukan jalan berkhidmah melalui minat serta bakat yang sesuai dengan kemampuannya.

 

“Sehingga, ketika ikut nimbrung dan berdiskusi, paling tidak kita termotivasi dan tergugah untuk mengikuti jejak para alumni yang mampu mengembangkan kemampuannya, juga berkhidmah,” ujarnya.

 

Menurutnya, IPNU IPPNU merupakan banteng awal dan garda terdepan NU.

 

"Sudah saatnya kader PKPT mengambil peran pentingnya dalam mengenalkan serta mensyiarkan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah an-Nahdliyah. Utamanya di lingkup kampus," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru