• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Metropolis

Sivitas Akademika Unusida Diajak Teladani Rasulullah

Sivitas Akademika Unusida Diajak Teladani Rasulullah
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) yang diikuti seluruh Sivitas Akademika. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) yang diikuti seluruh Sivitas Akademika. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan yang diikuti seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa ini dipusatkan di Kampus Unusida, Pergudangan Safe & Lock, Lingkar Timur, Sidoarjo, Kamis (21/10).

 

Rektor Unusida, Fatkul Anam menyebutkan, bahwa hendaknya Maulid Nabi dijadikan momentum untuk memaknai sifat dan semangat Rasulullah SAW dalam bekerja, belajar maupun bermasyarakat.

 

“Jadikanlah momentum Maulid Nabi sebagai ajang instropeksi dan berbenah diri dengan meneladani sifat dan semangat Rasulullah SAW,” ujarnya.

 

Semangat yang demikian, menurut Fatkul Anam, juga harus terus ditanamkan dalam mengembangkan dan memajukan NU secara umum, dan Unusida secara khusus, di masa yang akan datang.

 

"Semoga dalam momen Maulid Nabi kali ini, kita semua dapat mencontoh hal-hal yang dilakukan Nabi, lantas kemudian menerapkannya dalam kehidupan di kampus maupun di masyarakat," harapnya.

 

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, KH Abdul Aziz Munif yang menjadi narasumber menuturkan, agar semuanya senantiasa istiqamah melantunkan shalawat sebagai bentuk rasa cinta terhadap Rasulullah SAW.

 

"Karena shalawat merupakan amalan yang paling ringan tapi sangat luar biasa faidahnya. Shalawat pun tidak harus menunggu ijazah dari seorang guru untuk mengamalkannya," tuturnya.

 

Lebih lanjut, kiai yang A'wan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo tersebut berharap agar para mahasiswa Unusida dapat menjadi pelopor dalam kemajuan, serta semangat dalam menyampaikan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah di zaman modern ini.

 

Menurutnya, di era yang serba digital ini, dakwah atau syiar keislaman tidak hanya dapat dilakukan oleh kiai atau ulama yang dilakukan dari masjid ke masjid lain atau dari mushala ke mushala lainnya. Tapi juga dapat dilakukan oleh milenial melalui media sosial yang dimilikinya.

 

"Kita saat tidak dapat dipisahkan dari teknologi, begitu pun dalam hal berdakwah. Maka, penting kiranya kalangan milenial melakukan dakwahnya dengan memanfaatkan dunia digital tersebut," pungkasnya.


Metropolis Terbaru