• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

Sosok Pejuang, Abdul Basith Ketua LWPNU Gresik Wafat

Sosok Pejuang, Abdul Basith Ketua LWPNU Gresik Wafat
Ucapan duka cita untuk Abdul Basith, Ketua LWPNU Gresik. (Foto: NOJ/ Ist)
Ucapan duka cita untuk Abdul Basith, Ketua LWPNU Gresik. (Foto: NOJ/ Ist)

Gresik, NU Online Jatim
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Gresik. Pasalnya, Abdul Basith yang merupakan Ketua Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) Gresik wafat.


Kang Basith, sapaan akrabnya, yang merupakan Instruktur PKPNU Gresik menghembuskan nafas terakhir di RSU Ibnu Sina Gresik, Jum’at (20/05/2022) sekira pukul 10.15 WIB dengan sakit liver yang dideritanya.

 
Kabar tentang wafatnya Abdul Basith yang merupakan salah satu penggerak dan pejuang NU Kabupaten Gresik cukup mengagetkan di kalangan Nahdliyin. Pasalnya, selama ini ia tidak diketahui riwayat penyakit yang menderanya.


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, KH Mulyadi mengatakan, bahwa almarhum adalah sosok pejuang NU yang tidak kenal lelah. Bahkan menurutnya, ia selalu sigap dalam kebencanaan saat menjadi Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Gresik.


"Hal ini telah dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan di LPBINU Gresik yang cukup semarak," katanya, Sabtu (21/05/2022).


Di samping itu, almarhum merupakan aktivis pengkaderan NU, yaitu PKPNU yang banyak melakukan gerakan doktrinisasi kepada kader-kader NU di berbagai daerah agar militan dan menjalankan tugas kader dengan baik.


“Yang saya ketahui Kang Basith ini sebagai kader NU militan dan tak kenal lelah untuk berkhidmah. Dan jabatan terakhir adalah sebagai LWPNU Gresik," jelasnya.


Diketahui, Abdul Basith sebelumnya pernah menjadi Ketua LPBINU Gresik beberapa periode. Dengan berbagai dinamikanya, ia terus berupaya menggerakkan warga NU untuk selalu berkhidmah.


Ia juga menangani dan turut membantu kebencanaan tanggap darurat dan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, yakni dengan melakukan pembangunan mushala dan gedung TPQ di Lumajang.


Diinformasikan, jenazah almarhum dishalatkan di Masjid Faqihiyah, Kecamatan Dukun, Gresik dan bertindak sebagai imam shalat yakni KH Mahfud Ma'shum, Rais PCNU Gresik. Selanjutnya jenazah diberangkatkan menuju TPU Kecamatan Dukun untuk dimakamkan.


Metropolis Terbaru