• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

STAI Hasan Jufri Bawean Gelar Sekolah Alam di Tempat Wisata 

STAI Hasan Jufri Bawean Gelar Sekolah Alam di Tempat Wisata 
Pelatihan sekolah alam digelar UKM Matahari STAI Hasan Jufri Bawean. (Foto: NOJ/Aminuddin)
Pelatihan sekolah alam digelar UKM Matahari STAI Hasan Jufri Bawean. (Foto: NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Hasan Jufri Bawean (Matahari) menggelar sekolah alam perdana. Kegiatan dengan tema ‘Alam sebagai Media Pendidikan Karakter’ ini dilaksanakan sejak Sabtu-Ahad (27-28/11/2021) yang dipusatkan di Mangrove Superberu, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura.

 

“Kegiatan ini merupakan program tahunan Matahari sebagai bentuk edukasi terhadap masyarakat Bawean,” kata Mohammad Rawi selaku Ketua UKM Pecinta Alam STAI Hasan Jufri Bawean, Ahad (28/11/2021).


Dirinya menyampaikan bahwa UKM Matahari merupakan salah satu organisasi intra kampus STAI Hasan Jufri Bawean yang bergerak di bidang pecinta alam. UKM tercatat sebagai organisasi resmi Mapala Indonesia pada tahun 2020. 

 

Rawi, panggilan akrabnya menjelaskan bahwa sekolah alam merupakan materi yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari,” papar mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syariah Semester 7 tersebut.

 

Dijelaskan bahwa perjalanan Matahari selama 1 tahun berdiri sudah memiliki laboratorium alam yang lengkap. Mulai dari Rock Climbing di Karts Kepuhlegundi, penelusuran gua horizontal di Patarselamat, penelusuran gua vertikal di Paromaan. Juga pengamatan satwa endemik yakni Rusa Bawean atau Axis Kuhlii, babi kutil Bawean atau Sus Verrocosus Blouchi, elang Bawean yakni Spilornis Baweanus, hingga burung hantu Bawean atau Strix Seleputo Baweana.

 

Sebanyak 30 perserta yang ikut dalam pelatihan tersebut yang merupakan delegasi dari 14 lembaga pendidikan tingkat SMA dan perguruan tinggi yang ada di Bawean.

 

Selama kegiatan, peserta menerima sejumlah materi. Pertama disampaikan Darul Alam dari Koramil Sangkapura tentang wawasan kepulauan, Dhofaeri Wildan mahasiswa geologi Unsoed tentang geopark Bawean. Termasuk tentang keanekaragaman hayati yang diisi KSDA RKW 11 Pulau Bawean serta praktik lapangan lainnya, seperti menanam pohon bakau.

 

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman terhadap pemuda dan pemudi di Bawean khususnya tentang geopark Gunung Api Purba di pulau Bawean,” kata Zulkarnain selaku ketua pelaksana.

 


Editor:

Metropolis Terbaru