• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pemerintahan

Pemkab Gresik Fokus UMKM, Dorong Pesantren Mampu Ekspor Produk

Pemkab Gresik Fokus UMKM, Dorong Pesantren Mampu Ekspor Produk
Wabup Gresik Aminatul Habibah di OPOP Expo 2021. (Foto: Kominfo Jatim)
Wabup Gresik Aminatul Habibah di OPOP Expo 2021. (Foto: Kominfo Jatim)

Gresik, NU Online Jatim

Gelaran OPOP Expo 2021 kali ini dihelat di Kab.Gresik, selama 26-28 November 2021. Dalam helatan ini menampilkan beragam produk unggulan pesantren di Jatim, sekaligus kegiatan workshop terkait wirausaha.

 

Dipercaya menjadi tuan rumah OPOP Expo tahun ini, Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah, sangat mengapresiasi hal itu. Mengingat Kabupaten Gresik mempunyai julukan Kota Santri.

 

Dalam kesempatan itu, pihaknya pun mengatakan jika OPOP Expo juga menjadi motivasi pesantren di Gresik untuk mampu melakukan expor produk unggulan.

 

“OPOP Expo menjadi motivasi seluruh ponpes di Gresik untuk mempunyai satu produk yang bisa diunggulkan yang bisa diekspor. Pak Bupati sekarang sedang gencar-gencarnya mengekspor hasil UMKM yang diantaranya juga dari pondok pesantren,” ungkapnya.

 

Ditambahkan Wabup yang juga lulusan pesantren ini, jika santri memiliki peranan besar untuk NKRI, khususnya untuk memajukan sektor ekonomi.

 

“Dulu para santri ikut memerdekakan bangsa ini. Saat ini ikut membangkitkan ekonomi di tengah pandemi. Semoga ponpes yang punya produk unggulan ikut serta ekspor dan memberikan kemaslahatan pada santri dan masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

 

Pada hari terakhir, OPOP Expo 2021 ini akan ada penyerahan hadiah lomba yang telah dihelat oleh OPOP Jatim dalam memperingati Hari Santri Nasional. Selain itu juga akan dilaksanakan peluncuran program terbaru dari OPOP Jatim, yakni OPOP AKADEMI dan Aplikasi OPOP INI AJA, yang akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.


Pemerintahan Terbaru