• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Metropolis

Tanggap Bencana, KMNU Care Open Donasi

Tanggap Bencana, KMNU Care Open Donasi
Pamflet (selebaran) open donasi erupsi gunung semeru atau dinamakan program KMNU Care oleh KMNU Pusat. (Foto: NOJ/Diana)
Pamflet (selebaran) open donasi erupsi gunung semeru atau dinamakan program KMNU Care oleh KMNU Pusat. (Foto: NOJ/Diana)

Pasuruan, NU Online Jatim

Tanggap bencana semeru, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Pusat adakan penggalangan dana dengan memanfaatkan media sosial. Sebelumnya, kegiatan yang sifatnya insidental itu dilakukan dengan terjun langsung ke jalanan dengan program KMNU Care.

 

Koordinator Departemen Nasional (Depnas) V bidang Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Jamilatun Nisa mengatakan transformasi tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan akibat kondisi yang belum stabil.

 

“Jadi anggota menyebarkan pamflet (selebaran) di medsos dan juga dipublikasikan di official account KMNU pusat. Program ini dilaksanakan saat ada bencana atau  musibah yang menimpa saudara-saudara kita seperti banjir, kebakaran, dan sebagainya,” ungkap dia.

 

Lebih jelas, mahasiswi jurusan Hukum Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2017 itu menyatakan bahwa tujuan dari program tak lain adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap sesama serta mendorong untuk melakukan pengabdian sosial di masyarakat.

 

Teknisnya, Jamila bersama anggotanya berkoordinasi dengan KMNU Regional yang terbagi atas beberapa wilayah. Dari sana diteruskan pada KMNU Perguruan Tinggi (PT) dengan rincian setiap KMNU Regional bertanggung jawab atas 4 KMNU PT.

 

“KMNU Pusat ke Regional kemudian Regional menghubungi KMNU PT sehingga yang menindaklanjuti adalah ketua setiap KMNU PT,” imbuh Jamila.

 

Program KMNU Care menyasar untuk masyarakat umum, artinya donatur tidak terbatas pada anggota KMNU saja. Bentuk donasi, disebutkan Jamila, hanya berupa uang sebab tidak memiliki masa kadaluarsa. Berbeda dengan bantuan berupa makanan dan lainnya. Donasi juga disalurkan dalam bentuk uang melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU).

 

“Kami salurkan ke LAZISNU. Jadi sebelum kami sebar pamflet kami menghubungi LAZISNU,” terangnya.

 

Donasi dibuka hingga tanggal 18 Desember 2021 mendatang. Bagi masyarakat umum yang ingin berdonasi dapat mentransfer uang melalui nomor rekening sebagaimana tertera dalam pamflet:

1. 0806925679 (BNI) a.n Jamilatun Nisa serta melakukan konfirmasi ke nomor Whatsapp 085786680919.

2. 002901132926502 (BRI) a.n Setianingsih serta dan dikonfirmasikan pada nomor Whatsapp 085865076974.

 

Terakhir, Jamila berharap hasil donasi tersebut nantinya bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat terdampak.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru