• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Metropolis

Tema Harlah ke-70 IPNU: Keadaban Pelajar Menangkan Indonesia

Tema Harlah ke-70 IPNU: Keadaban Pelajar Menangkan Indonesia
logo IPNU. (Foto: NOJ/Islamperss)
logo IPNU. (Foto: NOJ/Islamperss)

Surabaya, NU Online Jatim

Hari lahir (Harlah) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) akan digelar pada 24 Februari 2024 mendatang. Hal itu tertuang dalam Surat Instruksi (SI) Nomor 05/PP/SI/XX/7254/II/24, salah satu instruksi di dalamnya Pimpinan Pusat (PP) IPNU menyerukan melaksanakan doa bersama dan pembacaan shalawat asygil untuk keselamatan bangsa.


Ketua Umum PP IPNU Agil Nuruzzaman mengingatkan dalam tema harlah yaitu Keadaban Pelajar Menangkan Indonesia harus dipahami bahwa kader IPNU seluruh Indonesia tetap menjaga adab dan etika sebagai orang yang terpelajar.


"Tema kita tidak jauh dari tema harlah NU, melihat dinamika nasional yang terjadi hari ini tema kita adalah keadaban pelajar menangkan Indonesia, dari tema tersebut kita berharap IPNU dan kadernya tetap menjaga situasi bangsa yang kondusif dan aman dengan akhlak-akhlak dan etika pelajar," kata Agil, Kamis (22/2/2024).


Agil menegaskan bahwa Harlah ke-70 IPNU itu dilaksanakan dengan meniadakan kegiatan yang bersifat ceremonial. Ia beralasan bahwa saat ini masih musim pemilihan umum (Pemilu) sehingga pengerahan massa perlu dikurangi.


"Iya kegiatan harlah kita rayakan dengan sederhana tanpa mengurangi esensi dan substansi harlah, mengingat masih momen politik, jadi tidak ada kegiatan ceremony yang mengerahkan massa banyak dan sebenarnya apel 24.000 pelajar di Wonosobo juga bagian dari harlah IPNU ke-70 dan memperingati Harlah NU Ke-101," 


Dari momen itu, Agil berharap agar seluruh kader IPNU yang sedang merayakan Harlahnya ke-70 dapat menjaga peradaban dan persatuan bangsa melalui adab dan akhlak. "Semoga momen harlah ini bisa mengingatkan semua kader IPNU akan pentingnya akhlaq dan adab untuk menjaga peradaban dan persatuan bangsa," terangnya.


Instruksi Selama Kegiatan Harlah Ke-70 IPNU

Dalam SI Nomor 05/PP/SI/XX/7254/II/24, PP IPNU mengintruskikan untuk seluruh kader IPNU diberbagai tingkatan untuk melakukan berbagai kegiatan:

  1. Pelaksanakan doa bersama dan pembacaan shalawat asygil untuk keselamatan bangsa pada tanggal 24 Februari 2024 bertepatan dengan malam nisfu sya'ban
  2. Mengibarkan bendera NU dan IPNU sejak tanggal 22 Februari 2024 hingga 27 Februari 2024, di depan sekretariat masing-masing satuan pimpinan.
  3. Melakukan syiar harlah di media sosial dengan mengunggah dokumentasi harlah disertai tagar #HarlahIPNU70 #KeadabanPelajarMenangkanIndonesia.
  4. Melaksanakan berbagai kegiatan harlah disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan di satuan pimpinan masing-masing.


Metropolis Terbaru