• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Pantura

Ansor Sukorame Lamongan Gelar Diklatsar di Alam Bebas

Ansor Sukorame Lamongan Gelar Diklatsar di Alam Bebas
Pelaksanaan Diklatsar Banser GP Ansor Sukorame, Lamongan, di Bukit Jenggolo. (Foto: NOJ/M Ilham Yazid Bustomi).
Pelaksanaan Diklatsar Banser GP Ansor Sukorame, Lamongan, di Bukit Jenggolo. (Foto: NOJ/M Ilham Yazid Bustomi).

Lamongan, NU Online Jatim

Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dapat digelar di mana saja, salah satunya adalah di dalam hutan atau alam bebas. Hal ini yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukorame, Lamongan.

 

Diklatsar Banser tersebut bertempat di Bukit Jenggolo, daerah perbukitan yang berada di perbatasan Kabupaten Lamongan dan Jombang, Ahad (06/06/2021).

 

Ketua PAC Ansor Sukorame, Mustajib Junaidi mengatakan, bahwa dipilihnya lokasi tersebut supaya peserta lebih menyatu dengan alam. Seperti anjuran Rasululloh yang menganjurkan hendaknya manusia bersahabat dengan alam.

 

"Diklatsar kali ini diadakan di Bukit Jenggolo yang bertujuan untuk menyatukan para peserta diklat dengan alam dan menjauhkan dengan keramaian supaya lebih khusyuk untuk mengikuti materi," ujarnya.

 

Sementara Suprianto, Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Sukorame menambahkan, kendati di tengah hutan pelaksanaan Diklatsar tersebut tidak meninggalkan kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

"Protokol kesehatan Covid-19 akan tetap dipatuhi dan setiap hari pegawai dari Puskesmas setempat dijadwal piket untuk memantau lokasi," ungkap Suprianto.

 

Bahkan, salah satu pegawai Puskesmas Sukorame juga mengikuti kegiatan ini. "Alhamdulillah, salah satu pegawai Puskesmas juga mengikuti Diklatsar ini,” pungkasnya.

 

Penulis: M Ilham Yazid Bustomi

Editor: A Habiburrahman


Pantura Terbaru