• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pantura

Dilantik, NU di Lamongan Diingatkan Tugas Berjamiyah

Dilantik, NU di Lamongan Diingatkan Tugas Berjamiyah
Prosesi pelantikan MWCNU Kedungpring, Lamongan masa khidmat 2022-2027. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)
Prosesi pelantikan MWCNU Kedungpring, Lamongan masa khidmat 2022-2027. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kedungpring, Lamongan menggelar pelantikan pengurus masa khidmat 2022-2027. Kegiatan tersebut dipusatkan di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Blawirejo, Kedungpring, Lamongan, Kamis (12/05/22).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Marzuqi Mustamar, jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Babat, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) se-Kedungpring, lembaga dan banom NU, serta Muspika Kedungpring.


Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar menyampaikan, tugas Nahdliyin yakni untuk menjaga NU. Ada dua istilah dalam menjaga NU tersebut, yakni himmayatud din atau menjaga agama dan himmayatul wathan wad daulah atau menjaga negara.


"Mengapa menjaga Islam harus NU? Karena untuk menjaga Islam yang sempurna dan utuh. Maka dari itu, saya mengajak seluruh warga NU untuk selalu menjaga keutuhan NKRI ini,” ujarnya.


Disebutkan Kiai Marzuki, bahwa banyak orang yang mengaku beragama Islam, namun Islam yang dianut tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. “Maka, jamiyah yang masih utuh ikut Nabi itu hanyalah Nahdlatul ulama," tegasnya.


Sementara Ketua PCNU Babat, KH Ma'mun Afandi menyampaikan, sebagaimana hasil keputusan Muktamar ke-32 NU di Makassar, bahwa secara administrasi dan surat keputusan mengikuti PCNU setempat.


Ia juga mengajak seluruh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) agar selalu bersinergi dalam hal organisasi. Baik yang berbentuk kegiatan atau pun koordinasi.


“Untuk itu, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat sakral. Semoga setelah proses pelantikan MWCNU Kedungpring ini dapat mengemban amanah dengan baik," ujarnya.


Pantura Terbaru