• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 24 Maret 2023

Metropolis

Perbaikan Jembatan Balun Lamongan Dikebut, H-10 Lebaran Rampung

Perbaikan Jembatan Balun Lamongan Dikebut, H-10 Lebaran Rampung
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengecek perbaikan Jembatan Balun di Lamongan. (Foto: NOJ/Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengecek perbaikan Jembatan Balun di Lamongan. (Foto: NOJ/Humas Pemprov Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, menegaskan bahwa perbaikan Jembatan Balun di jalur nasional yang ada di Kabupaten Lamongan diperkirakan selesai sepuluh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Dengan bagitu, arus lalu lintas saat mudik-balik Lebaran nanti tidak akan terhambat.


Khofifah sendiri mengecek langsung perbaikan jembatan yang berada di poros nasional pantai utara tersebut akhir pekan lalu. Berdasarkan koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali, diketahui bahwa tingkat kerusakan Jembatan Balun yaitu adanya lima girder yang patah selebar segmen yang ambles, yaitu 9,05 meter dan panjang 25,8 meter.


Selain itu, kerusakan juga ditemukan pada struktur atas posisi tengah bentang girder jembatan yang mengalami keruntuhan. Karena itu, Khofifah menegaskan pihaknya akan menggenjot upaya perbaikan dan memastikan percepatan revitalisasi Jembatan Balun agar semuanya rampung pada H-10 lebaran.


"Kita berupaya  maksimal untuk percepatan revitalisasi jembatan ini. Agar H-10 lebaran, jembatan ini sudah bisa difungsikan kembali seperti sedia kala,” kata Khofifah dalam keterangan dikutip NU Online Jatim pada Senin (04/04/2022).


“Koordinasi berikutnya adalah bahwa ada pengalihan arus lalu lintas yang bisa menjaga suplai logistik aman, karena yang melewati jembatan ini bukan hanya untuk masyarakat Jawa Timur. Tapi juga logistik untuk masyarakat Bali, NTB dan Indonesia Timur yang dibawa melalui Tanjung Perak," imbuh Ketua PBNU itu.


Agar arus lalu lintas tetap lancar selama perbaikan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Polda serta  Polres setempat melakukan rekayasa lalu lintas. Untuk kendaraan berat dari arah Surabaya dialihkan masuk ke Tol Kebomas dan keluar di Tol Manyar. Selain itu juga dapat melalui Jalan Raya Deandles ke arah Paciran, dari Paciran menuju ke arah Sukodadi.


Sedangkan untuk kendaraan kecil yang hendak melintasi Jembatan Balun, dapat melewati jembatan di sisi kiri dan kanan jembatan yang rusak. Selain itu, kendaraan kecil dari arah Surabaya dapat dialihkan melalui pertigaan depan Lamongan Plaza ke kanan dan keluar ke Sukodadi.


Dan bagi kendaraan kecil dari arah Surabaya dapat dialihkan melalui SMAN 2 Lamongan ke arah selatan ke Jalan Veteran, kemudian belok kanan ke arah alun-alun dan keluar ke arah Sukodadi, dengan waktu tempuh sekitar 21 menit dengan jarak 6,9 km.


Metropolis Terbaru