• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Parlemen

Tinjau Proyek Jembatan Ploso Jombang, Progres Pembangunan 47 Persen

Tinjau Proyek Jembatan Ploso Jombang, Progres Pembangunan 47 Persen
Peninjauan jembatan Ploso, Jombang. (Foto: NOJ/istimewa)
Peninjauan jembatan Ploso, Jombang. (Foto: NOJ/istimewa)

Jombang, NU Online Jatim

Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur dari Daerah Pilihan (Dapil) Mojokerto-Jombang lakukan kunjungan kerja tinjau pengerjaan proyek jembatan baru Ploso, Jombang.  
 

Kunjungannya ini juga demi memastikan pekerjaan multi year contract yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020-2021.

 

"Kunjungan kali ini demi memastikan proses jembatan Ploso, Jombang sesuai dengan harapan yaitu dengan jangka waktu pekerjaan 463 hari," kata Anggota DPRD Jatim, Masduki, Sabtu (22/05/2021).


Masduki menuturkan, saat ini proses pengerjaan sudah mencapai 47 persen. Proyek yang dianggarkan sebesar Rp 125 miliar ini dapat rampung sesuai jadwal bulan Desember 2021 mendatang. 

 

"Progres Minggu ke 34 sudah 47 persen. Kita harapkan bulan Desember 2021 pembangunan jembatan Ploso Jombang sudah selesai," ujar anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini. 

 

Kendati demikian, Masduki yang juga Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Mojokerto menuturkan, ada kendala pembebasan lahan dalam proyek kali ini. Ada 2 dari 15 lahan milik KAI masih dalam proses pembebasan, sehingga berdampak pada molornya pekerjaan. 

 

"Pekerjaan mengalami molor 2 minggu sesuai target. Pihak PU Bina Marga Jatim mewakili Pemprov Jatim yang berwenang terkait pembebasan, berjanji bulan Juni sudah rampung semua. Kita harapkan tidak ada kendala lagi, supaya segera selesai pembangunan jembatan Ploso Jombang ini," ujarnya.

 

Selanjutnya, ia berharap, adanya jembatan yang tepat berada di sisi utara sungai Brantas, Desa Rejoagung ini dapat memberikan garis positif bagi pembangkitan perekonomian. "Semoga menjadi pembangkit pertumbuhan ekonomi masyarakat," harapnya. 

 

Seperti diketahui, proyek jembatan baru Ploso berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pemenang lelang dalam proyek ini adalah PT Waskita Karya. Jembatan baru Ploso ini akan menjadi penghubung baru wilayah Jombang dengan daerah-daerah di pantai utara Jawa. Pembangunan jembatan baru dilakukan menyusul kondisi jembatan lama yang sudah tidak layak.

 

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru