• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Parlemen

DPRD dan Pemprov Jatim, Fokus Bangkitkan Ekonomi Melalui UMKM

DPRD dan Pemprov Jatim, Fokus Bangkitkan Ekonomi Melalui UMKM
Anik Maslachah, Wakil Ketua DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Totok)
Anik Maslachah, Wakil Ketua DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Totok)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah menuturkan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim fokus pada pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19.

 

Menurutnya DPRD Jatim bersama Pemprov berkonsentrasi melakukan pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan peningkatan kembali pertanian karena menghadapi dampak pandemi.

 

"Kondisi makin susah, karena anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pun harus difokuskan untuk penanganan Covid-19," katanya.

 

Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur ini menambahkan, dampak pandemi juga membuat angka pengangguran akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Sidoarjo menjadi tertinggi di Jatim.

 

“Ini karena peluang ekspor belum menggembirakan. Pengusaha tidak berani mengeluarkan modal besar untuk prosuksinya,” ungkap Anik Maslachah, Sabtu (22/05/2021).

 

Meski pandemi, dirinya berharap peluang UMKM masih bagus. Syaratnya, pelaku UMKM harus bisa mengikuti pola pasar lebih banyak penjualan online.

 

“Dengan cara ini maka produk UMKM bisa bersaing, tidak lagi hanya mengandalkan jualan dengan digelar sambil nunggu orang datang. Sekarang dari rumah bisa jual beli. Saya siap untuk membantu agar mereka bisa ikut pelatihan dan bisa jualan lewat market place,” ujarnya.


Parlemen Terbaru