• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Parlemen

Anggota DPRD Jatim Dorong Pemerintah Segera Perbaiki Jembatan Balun Lamongan

Anggota DPRD Jatim Dorong Pemerintah Segera Perbaiki Jembatan Balun Lamongan
Ufiq Zuroida, anggota F-PKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/A Toriq A)
Ufiq Zuroida, anggota F-PKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/A Toriq A)

Surabaya, NU Online Jatim
Anggota DPRD Jawa Timur dari Daerah Pemilihan (Dapil) Gresik-Lamongan, Ufiq Zuroida meminta pemerintah sesegera mungkin melakukan perbaikan amblesnya jembatan Balun Kabupaten Lamongan.


Menurutnya, amblesnya jalan tersebut akan berdampak pada perekonomian sekitar. Mengingat jembatan Balun adalah jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Ditambah kejadian ini menjelang masuknya bulan suci Ramadlan.


"Secepatnya kalau bisa sebelum hari raya harus normal kembali. Akan banyak pemudik yang lewat jalur tersebut," kata Ufiq yang juga Bendahara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Jatim ini, Selasa (29/03/2022).


Ufiq menjelaskan, amblesnya jalan tersebut salah satu indikasinya karena sudah tua. Serta selama ini perbaikannya hanya ditembel. Sehingga tidak berdampak banyak bagi kesehatan jembatan. 


"Memang jembatan sudah tua, dari beberapa waktu lalu ada kerusakan hanya ditembel. Harapan kami kepada pemprov atau pusat jika ada jembatan yang sudah tua atau rusak, jangan hanya ditembel. Tapi diperbaiki sebagaimana mestinya," jelasnya. 


Tidak hanya itu, anggota komisi B ini mendorong pihak berwenang menggalakkan penertiban kendaraan yang kelebihan muatan. Sebab, selain membahayakan, hal tersebut menyalahi aturan lalu lintas tentang bobot muatan.


"Jalur itu memang sering dilewati truk besar-besar. Maka harus ditertibkan jumlan maksimal tonase untuk truk-truk besar," ujarnya. 


Seperti diketahui jembatan Balung di dekat RS Muhammadiyah Lamongan ambles. Jembatan tersebut ambles sedalam kurang lebih 1 meter. Sedangkan panjang yang ambles sekitar 25 meter.


Akibatnya kemacetan terjadi di daerah tersebut. Polisi dan Dishub Lamongan harus bahu membahu melakukan rekayasa dan mengatur lalu lintas kendaraan.


Parlemen Terbaru