• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Pantura

Harlah ke-35, Rektor IAINU Tuban Targetkan 5000 Mahasiswa Baru

Harlah ke-35, Rektor IAINU Tuban Targetkan 5000 Mahasiswa Baru
Dr. A.Luthfi Hamidi, M.Ag Rektor IAINU Tuban saat sambutan. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Dr. A.Luthfi Hamidi, M.Ag Rektor IAINU Tuban saat sambutan. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Pada peringatan Hari Ulang Tahun (Harlah) yang ke-35, Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban menyelenggarakan acara puncak di Gedung KH. Hasyim Asy'ari lantai 2 pada Selasa (26/12/2023).



Saat acara tersebut, Luthfi Hamidi, Rektor IAINU Tuban menyampaikan bahwa di usia 35 tahun ini, Kampus IAINU Tuban perlu mengalami perkembangan yang signifikan. Hal itu harus didukung oleh kerja sama yang baik antara berbagai pihak, termasuk jajaran rektorat, PCNU, BPP, MWCNU, Pemerintah Kabupaten Tuban, dan juga hubungan yang baik dengan Kopertais.



"Saya sangat berharap ayo mulai 35 tahun ini IAINU Tuban harus lebih kuat dan menjadi yang terbaik. Ini harus kita mulai dengan menjalin relasi yang baik dengan berbagai pihak," tuturnya.



Luthfi menyatakan bahwa hasil diskusi dengan KH Miftahul Asror, Ketua BPP PCNU Tuban, menunjukkan dukungan penuh dari pihaknya. Luthfi menekankan bahwa bendahara BPP yang juga merupakan pengusaha sukses diakui sebagai sosok yang selalu memulai usahanya dari awal, seperti dalam bisnis SPBU. Menurut Luthfi, semangat untuk memulai dari nol tersebut diharapkan dapat menjadi dasar bagi kerja sama yang baik dan sinergis dalam memajukan Kampus IAINU Tuban.



"Kami sudah bertekad akan menjadikan IAINU Kabupaten Tuban pilot project. Bahkan kemarin kita sudah mencoba Insyaallah akan menjadi satu titik dari 5 piloting project digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama se-Indonesia," terangnya.

Selanjutnya, Rektor IAINU yang berasal dari Lamongan itu menyampaikan rasa syukurnya karena pada tahun 2023, jumlah mahasiswa aktif telah mencapai 865 mahasiswa. Dengan visi dan target yang ditetapkan, ia berharap ke depan, Kampus IAINU Tuban dapat memiliki 5.000 mahasiswa sebagai bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kampus.



"Alhamdulillah hari ini Mahasiswa IAINU Tuban yang aktif 865, semoga 5 tahun ke depan sesuai dengan target PCNU tidak boleh kurang dari 5.000 mahasiswa. Ini bukan tugas untuk rektor saja, tetapi juga PCNU dan MWCNU se-Kabupaten Tuban," tegasnya.



Selaras dengan itu, KH Ahsan Ghozali, Rais Syuriah PCNU Tuban, menyatakan bahwa kemajuan kampus hijau di Jalan Manunggal Tuban merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Kabupaten Tuban, terutama para warga NU. Menurutnya, dengan adanya kepemimpinan baru dari rektor dan ketua BPP, telah terjadi banyak inovasi dan kreasi yang berkontribusi pada eksistensi Kampus IAINU Tuban di tengah masyarakat.



"IAINU Tuban ini adalah tanggung jawab kita bersama segenap masyarakat Tuban utamanya nahdliyin, maka wajib bagi kita semua untuk menjaga eksistensi IAINU," katanya.



Selanjutnya, Kiai Ahsan juga mendoakan agar Kampus IAINU semakin jaya, semakin maju, dan semakin mendapatkan berkah.



"Kalau tadi semangat pak rektor 5 tahun ke depan jumlah Mahasiswa IAINU 5.000, maka setiap tahun akademik baru saya berharap kepada mahasiswa untuk mendapatkan mahasiswa 2 orang saja, Insyaallah IAINU Tuban akan terus bertambah jaya," pungkasnya.


Pantura Terbaru