• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Pantura

IPNU IPPNU Lamongan Sukses Lakukan Akreditasi Ratusan Kepengurusan

IPNU IPPNU Lamongan Sukses Lakukan Akreditasi Ratusan Kepengurusan
Pelaksanaan akreditasi oleh PC IPNU-IPPNU Lamongan. (Foto: NOJ/M Idris M)
Pelaksanaan akreditasi oleh PC IPNU-IPPNU Lamongan. (Foto: NOJ/M Idris M)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Lamongan melakukan program akreditasi. Terdapat ratusan kepengurusan yang berhasil melewati proses ini, sehingga gebrakan tersebut mendapat respons positif dari sejumlah kader.


Hal tersebut sebagaimana dilakukan di aula SMK NU Lamongan, Ahad (22/01/ 2023). Setidaknya ada 340 Pimpinan Ranting (PR), 30 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan 8 Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU di Lamongan yang akhirnya terakreditasi.


“Menyongsong 1 abad NU, perlu adanya suatu peningkatan kualitas dan kinerja organisasi khususnya IPNU-IPPNU,” kata Mohammad Hasan Asy'ari, Ketua PC IPNU Lamongan.


Disampaikan bahwa kehadiran akreditasi sebagai alat untuk mengukur sejauh mana organisasi sudah berkembang. Meski tentu saja di sana sini perlu perbaikan dan peningkatan kualitas dan kinerja organisasi.


Ia menambahkan, akreditasi tidak hanya sebagai ajang unjuk gigi saja. Tapi sebagai bahan evaluasi ke depan bagaimana strategi dan taktik yang akan digunakan dalam pengembangan organisasi IPNU-IPPNU di Kabupaten Lamongan.


“Selain melaksanakan tugas sebagai tim asesor, kami juga menitipkan tugas untuk melakukan pembinaan dan supervisi kepada pimpinan ranting dan pimpinan komisariat," imbuhnya.


Dirinya berharap IPNU- IPPNU ke depan lebih profesional. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan kemampuan menerapkan kaidah dalam berorganisasi, tidak hanya sebatas asal kumpul. Demikian pula penilaian juga beragam berdasar klaster.


“Perlu diketahui, lingkup dari penilaian klasterisasi ini meliputi beberapa poin, di antaranya tertib administrasi, penguatan ideologi keaswajaan, pengkaderan melengkapi kepengurusan, serta kegiatan sosial kepemudaan dan kepelajaran,” kata Mohammad Habiburohman, Ketua Badan Akreditasi PC IPNU Lamongan.


Tercatat ada 175 ranting IPNU 175 Pimpinan Ranting IPPNU dan 15 Pimpinan Anak Cabang IPNU, 15 Pimpinan Anak Cabang IPPNU, serta 3 PKPT IPNU dan 3 PKPT IPPNU. Akreditasi PAC, PKPT, dan ranting se-Lamongan ini dipimpin oleh tim yang sudah terpilih dari PC IPNU-IPPNU Lamongan, Arif Khusaini bersama anggotanya.


Pada kesempatan itu, Arif juga memberikan motivasi sekaligus gambaran tentang idealnya organisasi. Salah satunya penekanan untuk membentuk pengawalan intensif di rana bawah atau pimpinan ranting yang merupakan ujung tombak kaderisasi IPNU-IPPNU.


“Semestinya bisa aktif dan tidak vakum, mengingat pimpinan ranting adalah muara benih para penerus Nahdlatul Ulama,” tandasnya.


Dengan kegiatan ini dirinya berharap dapat menjadikan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Lamongan semakin tergerak. Yakni lebih baik lagi dan dapat mencetak prestasi-prestasi lain.


Editor:

Pantura Terbaru