• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Pantura

IPNU-IPPNU Siapkan Jurnalis Muda dengan Ngaji Media

IPNU-IPPNU Siapkan Jurnalis Muda dengan Ngaji Media
Narasumber dari NU Online Jatim memaparkan materi di Ngaji Media PAC IPNU-IPPNU Sekaran, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik NM)
Narasumber dari NU Online Jatim memaparkan materi di Ngaji Media PAC IPNU-IPPNU Sekaran, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik NM)

Lamongan, NU Online Jatim

Demi terciptanya jurnalis dan desainer muda, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan menyelanggarakan 'Ngaji Media'. Acara berlangsung Kamis hingga Jumat (11-12/02/2021) di aula SMA Al-Kautsar Desa Manyar Kecamatan Sekaran.

 

Kegiatan diikuti dua puluh lima peserta yang merupakan delegasi dari Pimpinan Ranting serta Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU di lingkungan setempat. Dan karena masih pandemi, panitia menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

 

Syaiful Bachri selaku Ketua PAC IPNU Sekaran menyampaikan bahwa kegiatan diawali dari sebuah kegelisahan. Pengurus memandang, untuk bisa survive tidak hanya di media nyata, tetapi juga di media sosial.

 

Dari kegelisahan tersebut kami menindak lanjuti untuk mempersiapkan kegiatan yang sifatnya untuk mengedukasi kader IPNU-IPPNU untuk bisa menjadi seorang jurnalis. Juga diharap lahir desainer andal dengan memanfaatkan media yang saat ini sedang berkembang di masyarakat.

 

“Kita semua dari segenap kepengurusan kemudian bersepakat bahwa kegiatan yang kita selenggarakan adalah bertajuk Ngaji Media,” katanya, Jumat (12/02/2021).

 

Menurutnya, istilah ngaji yang digunakan adalah sebuah pengangkatan istilah yang biasanya digunakan di dalam dunia pesantren ketika menuntut ilmu.

 

Ketua panitia, Idham Khalid memaparkan dalam kegiatan ini para peserta diajak belajar bersama untuk bisa memahami tentang jurnalistik dan desain grafis.

 

“Sebagai upaya untuk mensukseskan kegiatan ini, kami menggandeng pihak yang bisa menjadi edukator bagi peserta dalam bidang jurnalistik dan desain grafis,” ucapnya.

 

Kegiatan bekerja sama dengan NU Online Jawa Timur dan Santri Design Community (SDC).

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Pantura Terbaru