• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 24 Februari 2024

Pantura

Keren, Ranting NU di Tuban Bersiap Bangun Kantor 2 Lantai

Keren, Ranting NU di Tuban Bersiap Bangun Kantor 2 Lantai
Proses pembangunan kantor PRNU Klotok, Plumpang, Tuban. (Foto: NOJ/Dharul Mustaqim)
Proses pembangunan kantor PRNU Klotok, Plumpang, Tuban. (Foto: NOJ/Dharul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Dinamika NU di berbagai daerah menarik untuk disimak dan tentu saja diapresiasi. Apalagi kepengurusan di tingkat paling bawah yakni di desa yang dalam struktur disebut dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU).


Seperti yang dilakukan PRNU Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Dengan berbagai ikhtiar, akhirnya bersiap membangun kantor dua lantai. Gedung tersebut sudah dianggarkan sebesar 1,2 miliar dengan target penyelesaian satu tahun.

 

“Tugas pengurus ranting bagaimana nanti bisa meramaikan kantor ini dengan segala kegiatan yang direncanakan agar ada kemanfaatannya. Jangan sampai kantor jadi, tapi sepi,” kata KH Damanhuri, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban, Jumat (06/10/2023).


Hal tersebut disampaikan saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor PRNU Klotok yang dihadiri sejumlah tokoh. Ada Habib Ahmad al-Habsyi dari Pasuruan yang juga A’wan Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Selain itu, juga turut bergabung, KH Ahsan Ghozali selaku Rais PCNU Tuban, serta beberapa tamu undangan lain.


KH Damanhuri berharap, dibangunnya kantor PRNU di Desa Klotok bisa menjadi percontohan bagi kepengurusan ranting lainnya. Juga bagaimana nantinya pengurus bisa meramaikan kantor yang telah dibangun tersebut. Dirinya juga mengajak seluruh pengurus ranting, dan badan otonom bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan NU.


Muhtarom Husnan, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Plumpang mengatakan jika gedung PRNU Desa Klotok akan dibangun dengan ukuran 20 x 14 meter dan memiliki dua lantai.


“Untuk pembangunan ini dianggarkan Rp1,2 Miliar, dengan ukuran kantor 20 x 14 meter dan memiliki 2 lantai,” katanya.


Lebih lanjut Tarom, mengatakan untuk target pengerjaan kantor PRNU ini akan selesai dalam waktu satu tahun. Dirinya juga menyebut gedung yang ada kemungkinan menjadi satu-satunya bagi PRNU di Kabupaten Tuban yang menginisiasi membangun kantor. Demikian pula diharapkan sebagai pusat bagi penguatan kajian dan amaliah, serta khidmat NU.


“Ke depannya kantor ini, sebagai tempat menggodok amaliah dan menjadi tempat  gerakan pemikiran warga, serta sebagai tempat berdiskusi pemuda NU,” tandasnya.


Pantura Terbaru