• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Pantura

Madrasah di Tuban dan Kampus Unugiri Bojonegoro Gelar Penulisan Puisi

Madrasah di Tuban dan Kampus Unugiri Bojonegoro Gelar Penulisan Puisi
Kegiatan workshop penulisan puisi. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Kegiatan workshop penulisan puisi. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Madrasah Aliyah (MA) Asalafiyah Asyafi'iyah Jatirogo, Tuban telah menjadi saksi dari kolaborasi yang menginspirasi antara sekolah dan kelompok Asistensi Mengajar (AM) dari Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro.


Dalam upaya memperkaya literasi dan mendukung bakat-bakat muda dengan mengekspresikan diri melalui puisi, maka dilaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Puisi yang bertempat di Joglo Islamic Center Jatirogo bertajuk ‘Wujud Nyata Kolaborasi AM Unugiri dengan MA Asalafiyah Asyafi'iyah Jatirogo dalam mengembangkan potensi peserta didik di bidang literasi, Sabtu (25/05/2024).


Penanggung jawab Media AM Unugiri Kelompok 20, Nur Faqih mengatakan, kegiatan workshop tersebut tidak semata-mata hanya untuk kepentingan sesaat, namun katanya yang lebih penting dari kegiatan itu adalah mengembangkan potensi literasi yang dimiliki oleh peserta didik.


"Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang literasi," ujarnya.


Faqih menjelaskan makna pentingnya sebuah puisi, selain menjadi sebuah karya sastra, menurutnya puisi cocok untuk dijadikan sebagai bentuk ekspresi diri sebab memiliki nilai yang cukup indah dan imajinasi yang luas.


"Kami percaya bahwa puisi adalah cara yang indah untuk mengekspresikan diri, merenungkan makna hidup, dan juga memperkaya kosakata serta imajinasi," terangnya.


Sementara itu, Kepala MA Asalafiyah Asyafi'iyah Jatirogo, H M Najib Affandi menyambut baik kolaborasi ini dan memberikan dukungan penuh atas kegiatan workshop literasi yang dilaksanakan tersebut.


Affandi sendiri menyadari bahwa literasi merupakan pondasi dari pengetahuan dan pemahaman. Maka layak pada tahun 2023 lalu MA Asalafiyah Asyafi'iyah Jatirogo menjadi madrasah terbaik nomor 1 dalam bidang Literasi.


Lebih lanjut, Affandi berharap pasca kegiatan workshop penulisan puisi mampu mencetak para siswa yang kreatif dalam berkarya di bidang literasi, karena tidak menutup kemungkinan para siswa tidak hanya mendapatkan ilmu dan inspirasi, namun juga berkesempatan untuk berkompetisi dalam praktik penulisan puisi.


"Melalui workshop penulisan puisi ini, kami berharap dapat melahirkan siswa-siswi yang kreatif dan peka terhadap keindahan kata-kata," harapnya.


Perlu diketahui, bahwasanya kepala madrasah dalam kegiatan tersebut memberikan hadiah khusus untuk tiga peserta didik yang mendapatkan nilai terbaik dalam praktik tersebut sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras mereka.


Pantura Terbaru