• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Pantura

Seperti Banser, Tugas CBP KPP Pelajar NU Jaga NKRI

Seperti Banser, Tugas CBP KPP Pelajar NU Jaga NKRI
Logo IPNU dan IPPNU. (Foto: Blok Bojonegoro)
Logo IPNU dan IPPNU. (Foto: Blok Bojonegoro)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Komandan DKAC Korps Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Nur Hesti Septiyo Rini, mengatakan bahwa tugas Corps Brigade Pembangunan (CBP) IPNU dan KPP IPPNU seperti Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Tentara Nasional Indonesia, yakni menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“CBP KPP adalah ujung tombak dari organisasi IPNU dan IPPNU. Biasanya kalau di suatu daerah ada CBP dan KPP, maka organisasi IPNU dan IPPNU di daerah tersebut hidup dan berjalan dengan baik,” kata Hesti diwawancara pada Selasa (29/06/2021).

 

Nah, untuk memupuk rasa cinta tanah air, CBP dan KPP menyelenggarakan beberapa kegiatan di Kecamatan Baureno pada Ahad (27/06/2021) lalu. Seperti pengenalan CBP dan KPP, pemaparan materi, dan outbond. Acara tersebut diikuti oleh 17 perwakilan dari ranting se Kecamatan Baureno.

 

Kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan CBP dan KPP kepada para peserta sebelum mengikuti Diklatama di masing-masing IPNU-IPPNU. Hal itu sebagai wadah pengabdian pelajar kepada masyarakat.

 

“Kami ingin CBP dan KPP mempunyai sifat peduli kepada masyarakat dan satu tujuan. Antusias yang tinggi dari peserta dalam kegiatan ini bisa diimplementasikan dengan menghidupkan DKAC CBP dan KPP di beberapa kecamatan,” ujar Hesti.

 

CBP dan KPP mempunyai program kerja di banyak bidang. Di antaranya dalam ranah keorganisasian, kemanusiaan, lingkungan hidup, serta bela negara. Sejak awal bergabung, anggota CBP dan KPP harus mempunyai rasa cinta terhadap NKRI.

 

“Hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar,” tandas Hesti.

 

Penulis: Anggun Putri Anggraini

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru