• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Pantura

Tingkatkan Keterampilan, LAZISNU Tuban Gelar Pelatihan Driver Ambulans

Tingkatkan Keterampilan, LAZISNU Tuban Gelar Pelatihan Driver Ambulans
Kegiatan pelatihan driver ambulans LAZISNU Tuban di Aula PCNU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Kegiatan pelatihan driver ambulans LAZISNU Tuban di Aula PCNU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Tuban menggelar pelatihan driver ambulans di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban, Ahad (26/05/2024).


Kegiatan bertajuk ‘Peningkatan Keterampilan Berkendara Aman bagi Driver Ambulans NU Nusantara LAZISNU PCNU Tuban’ ini diikuti sejumlah driver ambulance dari LAZISNU Tuban, Bojonegoro dan Sidoarjo.


Ketua LAZISNU PCNU Tuban, Joko Hadi Purnomo mengatakan, kegiatan pelatihan driver ambulans sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas para driver dalam menangani situasi kedaruratan. Hal ini juga sebagai bentuk perwujudan salah satu dari 5 pilar LAZISNU, yakni NU Care Sehat.


"Ada 5 pilar LAZISNU dan pelatihan ini termasuk salah satu programnya NU Care Sehat," ujarnya.


Menurutnya, selain bentuk perwujudan nyata dari 5 pilar LAZISNU, kegiatan pelatihan ini sebagai langkah untuk membekali diri serta meningkatkan kapasitas para driver ambulans dalam menyikapi persoalan serius di lapangan terkait dengan penanganan kasus kedaruratan.


"Para driver perlu mendapatkan pengetahuan khusus dalam menangani situasi darurat, toh semua itu ada SOP-nya, sehingga dalam keadaan darurat nantinya bisa menghadapi dengan baik dan benar," terangnya.


Dirinya mengingatkan betapa pentingnya layanan kesehatan bagi masyarakat, untuk itulah pihaknya menginginkan agar para peserta pelatihan mengikuti dengan serius sehingga usai kegiatan bisa dipraktikkan pengetahuan yang telah didapatkan secara maksimal.


"Hal ini penting diikuti, karena menjadi bagian dari akses pelayanan kesehatan demi kemaslahatan bersama," bebernya.


Sementara itu, perwakilan dari PCNU Tuban, Moh Mundzir menyebut, keberadaan LAZISNU sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, salah satunya soal pelayanan kesehatan. "LAZISNU hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, serta kepada bangsa dan negara," katanya.


Mundzir menjelaskan peran pentingnya LAZISNU dalam bidang kesehatan, sehingga dia mengharapkan kepada para driver ambulans untuk tetap menjaga kesehatan sosial juga kesehatan spiritual, agar kinerjanya bisa maksimal dalam melayani umat.


"Jadi kita semua harus sehat sosial sehat spiritual, dan inilah yang kita terapkan kepada driver-driver LAZISNU PCNU Tuban," pungkasnya.


Diketahui, usai pelaksanaan pelatihan driver ambulans LAZISNU PCNU Tuban dilaksanakan konvoi dengan menuju Wisata Pantai Kelapa Tuban. Kemudian di lokasi wisata di buatlah forum sederhana sebagai bentuk evaluasi tentang kegiatan pelatihan yang selesai dilaksanakan.


Pantura Terbaru