• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pantura

Tingkatkan Minat Baca, MI di Lamongan Luncurkan Perpustakaan Standar Nasional

Tingkatkan Minat Baca, MI di Lamongan Luncurkan Perpustakaan Standar Nasional
Imam Rosyadi, Kepala MI Infarul Ghoyyi saat sambutan.(Foto: NOJ/Titik Nur M)
Imam Rosyadi, Kepala MI Infarul Ghoyyi saat sambutan.(Foto: NOJ/Titik Nur M)

Lamongan, NU Online Jatim

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Infarul Ghoy Tritunggal Babat Kabupaten Lamongan meluncurkan perpusatakan Al-kariem, Kamis (01/04/2021). Perpustakaan ini berstandar nasional diharapkan bisa semakin meningkatkan minat baca siswa.

 

MI Infarul Ghoyyi Tritunggal yang merupakan lembaga di bawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Babat ini merasa tergugah untuk meningkatkan minat baca anak kepada buku. Sehingga anak tidak tergantungan kepada smartphone.

 

Perpustakaan yang di beri nama Al-Kariem ini juga bekerja sama dengan Paguyuban Wali Murid Great Mother MI Infarul Ghoy Tritunggal. Selain itu, hal ini juga bertujuan supaya anak-anak di rumah tetap membaca buku dan perlahan meninggalkan smartphone untuk game.

 

Imam Rosyadi selaku Kepala MI Infarul Ghoy Tritunggal menyampaikan, seluruh elemen warga madrasah juga harus ikut menggerakan dan memberikan semangat untuk perjalanan program literasi bukan hanya di Madrasah. Namun juga di rumah yang akan dibantu oleh wali murid terutama kaum ibu.

 

"Suksesnya kegiatan ini tidak lain dengan kerja sama wali murid dan juga dewan guru. Alhamdulillah, rencananya madrasah kita akan mendapat bantuan program literasi dari Pimpinan Wilayah LP Ma’arif NU Jawa Timur dan juga dari Australia yang saat ini masih proses Memorandum off Understanding (MoU)," ujarnya.

 

Adapun rangkaian launching perpustakaan Al-Kariem dan Paguyuban Wali Murid Great Mother MI Infarul Ghoyi ini dimulai dengan perlombaan yel-yel oleh wali murid antar kelas lainya dan melakukan pendonasian buku.

 

Kegiatan ini dilaksanakan supaya wali murid juga bersemangat menjadi pegiat literasi di lingkungan sekitar karena di bulan Juli akan ada standarisasi nasional dan penilaian mutu perpustakaan.

 

Achyar selaku Kepala Perpustakaan menyampaikan, pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk perpustakaan ini. Supaya anak-anak maupun dewan guru bisa nyaman di dalam perpustakaan.

 

 

"Kami berupaya mengelola perpustakaan ini bisa menjadi tempat yang menyenangkan bukan hanya untuk siswa-siswi madrasah, namun juga para dewan guru MI Infarul Ghoyi ini. Fasilitas akan kami lengkapi dari segi buku, tempat dan lainnya," ujarnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Pantura Terbaru