• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Parlemen

Hari Lahir Pancasila, Momentum Membumikan Nilai Ideologi Bangsa

Hari Lahir Pancasila, Momentum Membumikan Nilai Ideologi Bangsa
Fauzan Faudi, Ketua F-PKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/istimewa)
Fauzan Faudi, Ketua F-PKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Sehubungan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi sampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum membumikan nilai Pancasila. 

 

Fauzan katakan, tidak hanya dijadikan simbol, Pancasila menjadi dasar dan landasan bagi sikap dan perilaku yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Bukan sekadar acara seremonial tahunan dan nostalgia sejarah,tapi bentuk implementasi nyata," kata Fauzan saat ditemui di ruangannya, Selasa (01/06/2021).

 

Dia mengungkapkan, kompleksitas nilai di tubuh Pancasila sudah seharusnya di praktikkan dan terus disosialisasikan demi mempersatukan keragaman sosial budaya yang ada di Indonesia. Sebab, menurutnya ini merupakan amanah besar untuk yang dititipkan para pendahulu untuk generasi Indonesia ke depan.

 

"Bhinneka Tunggal Ika adalah pesan mendasar yang diamanahkan oleh para pendahulu kita, agar tidak saling memukul dan menyingkirkan karena perbedaan," ungkap mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini. 

 

Tidak hanya itu, di tengah pandemi Covid-19, yang tidak kalah penting dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, adalah memperkuat semangat gotong royong yang sudah menjadi corak tajam bangsa ini. Semangat kebersamaan dan saling membantu merupakan ciri khas masyarakat Indonesia.

 

"Semangat gotong royong ini merupakan amunisi terkuat kita. Bangsa lain harus tau, Indonesia akan terus bergandengan tangan dalam menghadapi terpaan cobaan yang menghampiri," tuturnya.

 

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru