• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Parlemen

Raperda Keperawatan Beri Kesempatan Bekerja di Luar Negeri

Raperda Keperawatan Beri Kesempatan Bekerja di Luar Negeri
Perawat sedang melaksanakan tugasnya. (Foto: NOJ/gt)
Perawat sedang melaksanakan tugasnya. (Foto: NOJ/gt)

Surabaya, NU Online Jatim

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Keperawatan di Jatim diharapkan dapat memberi peningkatan kesejahteraan para perawat. Tidak hanya itu, Anggota DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mengatakan bahwa Raperda ini juga bisa menjadi jembatan agar para perawat bisa bekerja di luar negeri dengan kompetensi yang mendukung.

 

“Peraturan Daerah (Perda) ini sebagai salah satu modal bagi perawat agar bisa bekerja di luar negeri dengan skill yang mumpuni,” katanya, Rabu (24/03/2021).

 

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim ini menambahkan, bahwa dalam perumusan Raperda ini terdapat kebutuhan strategis yang harus dipenuhi oleh tenaga perawat.

 

“Ini mencakup kebutuhan perawat termasuk di masing-masing daerah terpencil. Oleh karenanya, apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim adalah upaya untuk meningkatkan kompetensi para perawat,” tambahnya.

 

Selain itu, dalam Raperda itu juga dicantumkan rencana Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari tenaga perawat.

 

“Rencananya untuk membangun PMI di luar negeri kami akan melibatkan tenaga perawat,” ujar Mantan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Timur tersebut.

 

Kendati demikian, DPRD Jatim akan melakukan perumusan secara detail agar PMI dari tenaga perawat tidak bernasib sama dengan asisten rumah tangga di luar negeri.

 

“Kami lebih senang mengirimkan PMI yang memiliki keahlian khusus, seperti perawat misalnya. Tak hanya itu, perawat bisa menjadi formal worked dan tentunya kalau formal worked perlindungannya juga lebih bagus,” pungkasnya.


Parlemen Terbaru