• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Pemerintahan

Bupati Bangkalan Beri Jaminan untuk Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Bupati Bangkalan Beri Jaminan untuk Yatim Piatu Terdampak Covid-19
R Abdul Latif Amin Imron, Bupati Bangkalan. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)
R Abdul Latif Amin Imron, Bupati Bangkalan. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan memberi perhatian khusus terkait anak-anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. Nantinya mereka akan mendapatkan bantuan khusus dari pemerintah.

 

“Kami tengah mendata anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. Nanti kami akan bantu mereka,” kata Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, Rabu (18/08/2021).

 

Ra Latif mengungkapkan jika pendataan tersebut dilakukan dengan menerima laporan dari masyarakat untuk menentukan jaminan sosial yang berhak didapatkan.

 

“Kami terus menerima laporan-laporan dari masyarakat yang kaitannya dengan hal itu. Setelah data terkumpul kami akan menentukan jaminannya,” ungkapnya.

 

Bupati menyebutkan setidaknya ada tiga jaminan untuk mereka yaitu jaminan hidup, pendidikan, dan kesehatan.

 

“Mereka harus tetap sekolah jangan sampai terhambat, mereka harus punya jaminan kesehatan dan jaminan hidup. Pemerintah bertanggung jawab untuk itu,” terangnya.

 

Menurut Bupati Bangkalan, anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 sangat perlu perlindungan dari pemerintah, apalagi jika mereka berasal dari keluarga kurang mampu.

 

“Kehilangan orang tua karena Covid-19 memberi tekanan berat bagi anak-anak usia balita dan remaja. Jadi kami harus benar-benar memperhatikan mereka. Kami harap kita semua dapat saling membantu untuk memperbaiki taraf hidupnya,” pungkasnya.


Pemerintahan Terbaru