• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Cara Madrasah Ma’arif NU di Ponorogo Peringati Hari Pramuka ke-60

Cara Madrasah Ma’arif NU di Ponorogo Peringati Hari Pramuka ke-60
Bakti sosial yang diadakan Gerakan Pramuka MA Ma'arif Al-Mukarrom Ponorogo. (Foto: NOJ/HK)
Bakti sosial yang diadakan Gerakan Pramuka MA Ma'arif Al-Mukarrom Ponorogo. (Foto: NOJ/HK)

Ponorogo, NU Online Jatim 

Gerakan Pramuka Wisanggeni-Basundari Lembaga Pendidikan (LP)  MA Ma’arif Al-Mukarrom, Kecamatan Kauman, Kabupeten Ponorogo, memperingati HUT Pramuka ke-60 pada Sabtu (14/08/2021) kemarin dengan bakti sosial. Kegiatan diikuti oleh anggota Pramuka setempat dengan riang gembira.

 

Kegembiraan itu terpancar dari nyanyian lagu Pramuka yang peserta lantunkan secara serentak saat bakti sosial dimulai. Kami/Pramuka Indonesia/Manusia Pancasila/Satyaku Kudarmakan/Darmaku Kubaktikan/Agar Jaya Indonesia//, begitu lirik lagu yang peserta nyanyikan.

 

Kegiatan tersebut bertema Bersama Membangun Indonesia, Jayalah Indonesia, Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

 

“Tujuan dari kegiatan ini melatih sikap saling peduli kepada sesama, sebagai bentuk pengamalan Dasa Dharma dan Pancasila,” kata Ketua Pembina Gerakan Pramuka MA Ma’arif Al-Mukarrom, Marjuni.

 

Bakti sosial merupakan salah satu progam kerja Dewan Ambalan (DA) 2020-2021. Kegiatan itu dipilih karena saat ini masa pandemi Covid-19. Banyak warga yang membutuhkan uluran tangan.

 

Dusun Sidowayah sendiri yang menjadi sasaran bakti sosial dikenal sebagai kampung disabilitas, karena banyak dari warga di sana merupakan penyandang disabilitas, sehingga uluran tangan dari Pramukasangat dibutuhkan.

 

Dana bakti sosial yang digunakan bersumber dari penggalangan donasi siswa, alumni, dan guru di MA Ma’arif Al-Mukarrom. Dari hasil penggalangan dana tersebut diberikan kepada warga berupa sembako dan disalurkan kepada 35 warga.

 

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran bagi siswa akan pentingnya rasa kemanusiaan dan menumbuhkan rasa syukur dengan ssaling berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan,” kata Juni.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru