• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Cara Gunakan Antibiotik dengan 5T Menurut Apoteker RSI Unisma

Cara Gunakan Antibiotik dengan 5T Menurut Apoteker RSI Unisma
Cara gunakan antibiotik dengan 5T menurut apoteker RSI Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Cara gunakan antibiotik dengan 5T menurut apoteker RSI Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim
Antibiotik merupakan jenis obat yang hanya digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Dalam kondisi tertentu, infeksi bakteri juga bisa dicegah dengan beberapa jenis antibiotik. Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus, seperti batuk, pilek, flu.


Gunakan antibiotik dengan 5T seperti tidak membeli antibiotik sendiri tanpa resep dokter, tidak menggunakan antibiotik untuk selain infeksi bakteri, tidak menyimpan antibiotik untuk persediaan di rumah, tidak memberi antibiotik sisa kepada orang lain, tanyakan pada apoteker informasi obat antibiotik.


Infeksi virus yang tidak memerlukan antibiotik yakni batuk, pilek tanpa sesak, influenza, cacar air, gondong, campak, luka keceil, demam berdarah, diare cair tanpa darah, hepatitis.


Yang harus diperhatikan saat menggunakan antibiotik yakni antibiotik hanya untuk infeksi bakteri, apabila sakit infeksi akibat virus, jangan meminta dokter untuk meresepkan antibiotik, antibiotik hanya dengan resep dokter dan digunakan sesuai petunjuk dokter dan apoteker, tanyakan pada dokter, apakah diagnosa penyakit anda dan apakah ada infeksi bakteri, jangan membeli antibiotik tanpa resep dokter, atau menggunkan resep lama, dan jangan memberi antibiotik sisa atau diresepkan untuk diri sendiri kepada orang lain.


Bakteri resisten adalah bakteri penyebab infeksi yang dulunya bisa dimatikan dengan antibiotik tertentu, kemudian tidak dapat dimatikan dengan antibiotik tersebut dengan dosis sesuai aturan.


Bakteri menjadi resisten karena dipicu oleh penggunaan antibiotik yang salah, sering menggunakan antibiotik, konsumsi makanan yang mengandung residu antibiotik, tertular pasien infeksi bakteri resisten.


Pendidikan Terbaru