• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Pendidikan

Dosen Unesa Beri Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan Omzet

Dosen Unesa Beri Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan Omzet
Dosen Unesa memberikan pemahaman terhadap pelaku UMKM di Tenggilis Mejoyo, Surabaya. (Foto: NOJ/Basra)
Dosen Unesa memberikan pemahaman terhadap pelaku UMKM di Tenggilis Mejoyo, Surabaya. (Foto: NOJ/Basra)

Surabaya, NU Online Jatim
Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan pendampingan. Kali ini warga diberikan pemahaman terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM di RW IV Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Surabaya dan merupakan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.


Ketua Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unesa, Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi mengatakan, di wilayah RW IV Kelurahan Tenggilis Mejoyo sangat banyak pelaku UMKM. Mayoritas mereka berasal dari para ibu rumah tangga yang mempunyai semangat untuk mendapatkan tambahan penghasil melalui usaha. 


"Rata-rata UMKM di sini bergerak di bidang kuliner dan industri rumah tangga lainnya," katanya, Jumat (30/12/2022).


Sayangnya, pemasaran hasil produk UMKM tersebut masih secara direct selling atau penjualan secara langsung. Sehingga terkadang omzet yang dihasilkan kurang maksimal.


"Untuk itu kami (Tim PKM Unesa) berinisiatif membuat pelatihan digital marketing kepada para ibu rumah tangga tersebut," ucapnya.


Ni Wayan mengungkapkan, saat ini digital marketing terbukti berhasil meningkatkan penjualan para pelaku usaha UMKM.


"Dalam hal ini, kami fokuskan pada pelatihan digital marketing melalui sosial media TikTok. Mulai dari hal basic, strategi, cara promosi, hingga pendampingan secara berkala juga terus dilakukan," ungkapnya.


Pemilihan media sosial TikTok bukan tanpa alasan, karena saat ini aplikasi tersebut sangat digemari dan menjadi rujukan masyarakat untuk berbelanja. Tentu, ini menjadi nilai positif tersendiri dalam mengembangkan pemasaran.


"Jadi hanya cukup upload vidio dan caption yang menarik, masyarakat luas sudah mengetahui," tambahnya.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan para pelaku usaha RW IV.


Sementara itu, Ketua RT 5 Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Julianty Subardhini sangat mendukung dengan kegiatan yang diselenggarakan dosen dari Unesa.


Menurutnya, pembekalan pemasaran produk untuk para pelaku UMKM sangat dibutuhkan di wilayahnya. Mengingat, geliat dari para ibu rumah tangga yang terus berinovasi mengembangkan produknya.


Usai pelatihan, dia mengatakan perlahan omzet penjualan para pelaku usaha tersebut mulai meningkat hingga 2 kali lipat.


"Tentunya, ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan. Harapannya dari hasil pelatihan tersebut dapat terus meningkatkan omset para pelaku UMKM. Sehingga kesejahteraan masyarakat di sini juga meningkat," paparnya.


Hal yang sama diungkapkan, Ketua PKK RW IV Suwarsilah. Ia mengatakan di wilayahnya terdapat 40 UMKM. Mayoritas mereka bergerak di bidang kuliner.


"Pelatihan digital marketing sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha yang mayoritas ibu rumah tangga tersebut. Sehingga ini sangat bermanfaat," tandas dia.


Pendidikan Terbaru