• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Pendidikan

Gelar Pengabdian Masyarakat, Dosen Unusa Berikan Layanan Kesehatan

Gelar Pengabdian Masyarakat, Dosen Unusa Berikan Layanan Kesehatan
Pengecekan tekanan darah lansia. (Foto: NOJ/humas)
Pengecekan tekanan darah lansia. (Foto: NOJ/humas)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Dua dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Nur Ainiyah dan Siti Nurjanah melakukan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dengan memberikan pelayanan kesehatan bagi lansia serta pencegahan penyakit degenerative. Pengmas ini dilakukan di kawasan Desa Megare Ngelom, Keluarahan Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Beberapa kegiatan seperti senam hipertensi hingga posyandu bagi lansia dilakukan dua dosen ini.

 

Salah satu dosen Nur Ainiyah menjelaskan, pemilihan tempat ini lantaran di wilayah Desa Megare Ngelom banyak lansia yang mengalami beberapa penyakit degenerative. Selain itu, selama pandemi posyandu lansia diliburkan dahulu hingga pandemi berakhir. 

 

"Kami datang untuk memberikan fasilitas kesehatan dengan memberikan senam hipertensi, penyuluhan tentang penyakit degenerative, pemeriksaan kesehatan gula darah, kolesterol, dan  tekanan darah," jelas Aini, Jumat (18/06/2021).

 

Selain memberikan fasilitas kesehatan, kader kesehatan diajari spa kaki diabetic serta sauna bathing.

 

"Namun jika tidak mempunyai alat sauna bathing, warga diperkenankan untuk berjemur pada pagi hari, kurang lebih selama 30 menit," ungkapnya.

 

Spa kaki diabetic dilakukan agar pasien diabetes mellitus atau keluarga dapat secara rutin serta mandiri melakukan spa kaki sendiri di rumah. Sehingga kesemutan dan nyeri pada kaki berkurang atau bahkan dapat menghilang dan dapat terhindar dari komplikasi seperti ulkus kaki bahkan amputasi.

 

"Selain itu spa kaki juga dapat meningkatkan kualitas tidur pada lansia," ungkap Aini.

 

Cara kerja spa kaki diabetic dengan melakukan beberapa tahap dimulai dengan melakukan senam pada kaki, kemudian kaki dibersihkan dengan sabun dan direndam dengan air hangat, dilanjutkan dengan melakukan pemijatan pada area telapak kaki dan jari.

 

Salah satu kader kesehatan Khusnul Khotimah mengaku senang dengan adanya Pengmas dari Dosen Unusa. Lansia di wilayah ini bisa menjalani senam hipertensi hingga spa kaki. Khusnul berharap acara ini bisa memberikan dampak positif bagi lansia di wilayah tersebut, sehingga lansia bisa lebih sehat.

 

"Kami diajari banyak hal yang memang kesehatan lansia di wilayah kami diperhatikan betul. Semoga dengan program ini lansia dapat lebih sehat," ucapnya.


Pendidikan Terbaru