• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Parlemen

Wakil Ketua DPRD Jatim: Frontage Aloha Urai Kemacetan di Sidoarjo

Wakil Ketua DPRD Jatim: Frontage Aloha Urai Kemacetan di Sidoarjo
Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah. (Foto: NOJ/Totok)
Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah. (Foto: NOJ/Totok)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah mendukung rencana pembangunan frontage road dari Aloha hingga Gedangan sepanjang 1300 meter. 

 

Rencana pembangunan yang di mulai Agustus 2021 mendatang ini, menurut Anik ada progres yang luar biasa dan dapat menjadi solusi kemacetan di daerah Sidoarjo serta dapat menjadi contoh untuk kepala daerah lain di Jawa Timur. 

 

"Alhamdulillah, yang saya dengar Agustus ini sudah dimulai. Ini progres luar biasa yang perlu dicontoh kepala daerah lain," kata Anik Maslachah politisi asal Daerah Pemilihan (Dapil) II Sidoarjo ini dikonfirmasi, Ahad (13/06/2021).

 

Kendati demikian, pembangunan frontage ini harus ada sharing pembiayaan antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat. Sebab proyek pembangunan ini termasuk dalam kategori jalan nasional.

 

"Harus ada sharing anggaran, antara Kabupaten Sidoarjo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat. Sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2019. Diantara 205 Mega Proyek yang ada, itu salah satunya frontage road di Sidoarjo," terang politisi yang juga menjabat sebagai Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sekertaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur ini.

 

Proyek ini dibawahi langsung oleh Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Sidoarjo dan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 57 milyar. Proses pembangunan pun direncakan rampung Desember mendatang. 

 

Proges pembangunan saat ini diketahui masih dilakukan proses pembebasan bangunan dari lahan yang dibeli dari warga, sebanyak 148 persil.

 

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru