• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Pendidikan

Kelas Ibu Hamil, Komitmen RSI Unisma Tekan Angka Kematian Ibu-Bayi

Kelas Ibu Hamil, Komitmen RSI Unisma Tekan Angka Kematian Ibu-Bayi
RSI Unisma komitmen tekan angka kematian ibu hamil dan bayi. (Foto: NOJ/ istockphoto)
RSI Unisma komitmen tekan angka kematian ibu hamil dan bayi. (Foto: NOJ/ istockphoto)

Malang, NU Online Jatim

Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) terus berupaya menekan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Salah satunya diwujudkan dengan kelas ibu hamil. Dalam program ini, para ibu hamil diberikan edukasi terkait kehamilan oleh bidan RSI Unisma.

 

“Kami memberikan materi-materi tentang kehamilan, persalinan, nifas, perawatan pada bayi baru lahir, dan Keluarga Berencana (KB), serta materi senam hamil,” kata Restu Widyarini, Bidan RSI Unisma, Selasa (16/04/2024).

 

Program yang digelar setiap hari Jumat ini bertujuan agar ibu hamil memiliki bekal yang cukup dalam menjalani seluruh proses kehamilan hingga pasca persalinan dengan baik.

 

“Program ini bertujuan agar ibu hamil dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan dengan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar,” ujar Restu.

 

Dari program ini, ibu hamil akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan terkait kehamilannya. “Sehingga diharapkan angka kematian ibu dan bayi tidak meningkat. Karena ibu dan keluarga yang tanggap segera ke pelayanan kesehatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

 

Ia menyebutkan, bahwa materi dalam kelas ibu hamil RSI Unisma telah sesuai standart dari Kementerian Kesehatan RI. “Akan tetapi untuk materi senam berbeda karena kami ada balydance untuk ibu hamil,” ucapnya.

 

Restu menyampaikan, bahwa kelas ibu hamil yang diikuti oleh ibu hamil dari trimester satu hingga tiga ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. 

 

“Ibu hamil sangat antusias karena mereka akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan saling sharing bagi yang sudah pernah melahirkan,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru