• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 4 Maret 2024

Pendidikan

Lolos PKM, Mahasiswa Unusa Ciptakan ‘Jubah Putih’

Lolos PKM, Mahasiswa Unusa Ciptakan ‘Jubah Putih’
Mahasiswa Unusa menunjukkan hasil karyanya. (Foto: NOJ/ Istimewa).
Mahasiswa Unusa menunjukkan hasil karyanya. (Foto: NOJ/ Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Empat mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang lolos Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) membuat Keju Bawang Putih atau yang diberi nama ‘Jubah Putih’. Keju bawang putih ini berbeda dengan keju lainnya, sebab ini anti kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit jantung.

 

Keempat mahasiswa tersebut yakni Pratama Wahyu Agung Chandra Mukti, Maulyna Megbie, Diyah Fitri Hambarwati, dan Lailun Nahar yang merupakan mahasiswa dari program studi (Prodi) D-IV Analis Kesehatan. "Dengan bahan yang susu Kedelai/Soya dan Bawang Putih yang memang lebih sehat dan anti kolesterol," ucap salah satu anggota PKM, Pratama Wahyu Agung Chandra Mukti, Selasa (20/10/2020).

 

Menurutnya, dengan bahan yang berkualitas, Jubah Putih tetap aman dikonsumsi untuk kesehatan. "Keju ini sama nikmatnya dengan kejubpada umumnya namun lebih sehat lantaran menggunakan bahan berkualitas," beber wanita yang akrab disapa Nanda.

 

 

Nanda menjelaskan, dengan menggunakan bahan susu kedelai, karena susu kedelai diketahui tidak mengandung kolesterol melainkan mengandung fitokimia (senyawa dalam bahan pangan yang baik untuk kesehatan).  Sedangkan bawang putih memiliki keistimewaan atau khasiat dalam menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) dan juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

 

"Dengan bahan yang lebih sehat membuat  jubah putih ini lebih sehat dan anti kolesterol, sehingga aman bagi penikmat keju," ucap Nanda.

 

Jika jubah putih ini aman dikonsumsi bagi semua kalangan masyarakat khususnya penderita penyakit jantung. "Dengan bahan lebihbsehat membuat Jubah Putih lebih sehat jika dikonsumsi," ungkap Nanda.

 

Editor: Rofi'i Bonawi


Editor:

Pendidikan Terbaru