• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

LP2M UIN Malang Gelar Workshop Penelitian, Ini Tema Besarnya

LP2M UIN Malang Gelar Workshop Penelitian, Ini Tema Besarnya
LP2M UIN Malang gelar workshop penelitian. (Foto: NOJ/Humas UIN)
LP2M UIN Malang gelar workshop penelitian. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar workshop penyusunan roadmap dalam rangka meningkatkan upaya kontribusi bidang pengabdian dan penelitian kepada masyarakat.


Acara yang dihadiri perwakilan seluruh jurusan, fakultas, dan unit-unit kampus terkait seperti Satuan Pemeriksa Internal (SPI) dan Penjaminan Mutu Universitas (PMU) berlangsung di Ballroom Ijen Suites Resort & Convention Malang, Selasa (28/06/2022).


Kepala LP2M UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Agus Maimun mengatakan bahwa penelitian masih menjadi agenda rutin sebagai sebuah institusi yang menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.


"Sehingga nantinya, kampus semakin siap dan mantap dalam mengakselerasikan diri sebagai World Class University," katanya.


Terdapat empat tema besar yang diusung tahun ini di antaranya tema pertama mengenai moderasi beragama yang merupakan amanah pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).


"Tema ini memang digalakkan Kemenag beberapa tahun terakhir, mengingat banyaknya kasus yang menyinggung isu agama di negeri ini," terangnya.


Pengembangan kelembagaan juga menjadi tema penting selanjutnya. Output penelitian di tema ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan kampus mulai dari tingkat jurusan hingga fakultas, sedangkan tema yang ketiga ialah teknologi baru.


“Ini khususnya untuk fakultas yang terkait, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, banyak sumber daya manusia yang unggul di fakultas tersebut. Karena itu, pihak kampus ingin akan ada keluaran berupa teknologi baru yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan, termasuk masyarakat luas,” jelasnya.


Yang terakhir, tema Filologi menjadi tema penelitian yang baru diusung. Hal ini merujuk pada hasil diskusi pemerintah bahwa banyak sekali manuskrip-manuskrip milik Indonesia yang malah disimpan oleh negara lain.


"Banyak sekali manuskrip kitab kuning karya Ulama Indonesia terdahulu, juga dokumen sejarah Indonesia yang disimpan di Belanda,” tandasnya.


Pihaknya berharap agar makin banyak penelitian di Bidang Filologi agar karya-karya ulama dalam negeri, khususnya dapat terselamatkan dan masih dapat digunakan dan diaplikasikan oleh ulama dan calon ulama masa kini.


Pendidikan Terbaru