• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 4 Maret 2024

Pendidikan

Mahasiswa PBSI Unisma Raih Penghargaan Inovasi Perangkat Pembelajaran

Mahasiswa PBSI Unisma Raih Penghargaan Inovasi Perangkat Pembelajaran
Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma), Ifrohatun Izzah yang meraih penghargaan. (Foto: NOJ/TimesIndonesia)
Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma), Ifrohatun Izzah yang meraih penghargaan. (Foto: NOJ/TimesIndonesia)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma), Ifrohatun Izzah yang tergabung dalam program Asistensi Mengajar berhasil memperoleh penghargaan dari Kepala Sekolah Menengah Akhir Negeri (SMAN) 1 Kraksaan.


Penghargaan ini diberikan pada saat apel pagi sebagai bentuk apresiasi atas pencapaiannya dalam menyuguhkan inovasi perangkat pembelajaran, Senin (27/11/2023).


Program Asistensi Mengajar merupakan salah satu program dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Kegiatan ini sepenuhnya didanai oleh Kemdikbudristek sebagai bentuk hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka yang dimenangkan oleh prodi PBSI.


Dalam hal ini tidak hanya program Asistensi Mengajar saja yang diselenggarakan. Akan tetapi ada juga beberapa program lain seperti Magang di SEAQIL, magang di Balai Bahasa Jawa Timur dan juga pertukaran mahasiswa ke berbagai kampus di Malang, Solo dan Yogyakarta.


Sebagai bentuk praktik nyata dari program merdeka belajar, mahasiswa yang tergabung dalam program Asistensi Mengajar ini diberikan kesempatan untuk menyusun perangkat pembelajaran berdiferensiasi. Penyusunan tersebut telah dilakukan oleh Ifroh pada saat masa tugasnya selama 4 bulan di SMAN 1 Kraksaan.


Berbekal dengan arahan kepala sekolah dan bimbingan dari Guru Pamong beserta dosen, akhirnya perangkat pembelajaran tersebut berhasil dinyatakan layak untuk disampaikan saat diseminasi atau berbagi praktik baik bersama dewan guru yang lain.


“Ya begini yang saya harapkan, mengusung hal-hal yang baru dalam pembelajaran,” ujar Kepala SMAN 1 Kraksaan, Bambang Sudiarto, S.Pd, M.Pd.


Perangkat pembelajaran yang disusun oleh Ifroh telah menerapkan diferensiasi pembelajaran yang tersubstansi menjadi 3 bagian yaitu proses, konten dan produk. Tidak hanya itu inovasi juga dilakukan pada kegiatan pembelajaran yang berbasis digital dan juga menggunakan media-media baru untuk menunjang pembelajaran.


Sehingga dengan adanya inovasi tersebut diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dengan positif.

“Memang yang diharapkan itu generasi seperti mereka (siswa) dapat bersiap menghadapi arus perkembangan di era 5.0 atau 10 tahun ke depan,” tambah Dosen PBSI Unisma Malang, Ari Ambarwati, S.S., M. Pd saat melakukan kunjungan kerja di SMAN 1 Kraksaan.


Pendidikan Terbaru