• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Pendidikan

Mahasiswa Unisma Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam di Madrasah

Mahasiswa Unisma Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam di Madrasah
Mitigasi bencana alam di MI Al Hidayah Wajak. (Foto: NOJ/TimesIndonesia)
Mitigasi bencana alam di MI Al Hidayah Wajak. (Foto: NOJ/TimesIndonesia)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Kuliah KSM-E Universitas Islam Malang (Unisma) di Desa/Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang melaksanakan program sosialisasi dan simulasi bencana alam atau yang biasa disebut mitigasi bencana alam.


Kegiatan yang diketuai Siti Aisa, Mahasiswa KSM-E dari Ormawa KSR-PMI Unit Unisma yang dilaksanakan di MI Al Hidayah Wajak, Jum’at (01/03/2024).


Ketua Pelaksana, Siti Aisa mengatakan, mitigasi ini sendiri merupakan perencanaan atau upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana melalui penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.


“Misi dari kegiatan ini yakni untuk membangun kesiapsiagaan dini pada lingkungan sekolah,” terangnya.


Menurutnya, ketika terjadi bencana mereka sudah memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara berlindung dan menyelamatkan diri.


Kegiatan yang diikuti 42 siswa-siswi ini sebelum memulai simulasi bencana alam, peserta diberikan sosialisasi oleh panitia di dalam kelas. Sosialisasi yang diberikan seputar macam-macam bencana, penyebab dan bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana.


“Simulasi bencana dimulai saat sirine dan bel sekolah dinyalakan. Dengan sontak, peserta yang telah dibekali materi sebelumnya langsung diajak untuk mempraktikkan apa yang baru saja mereka dapat,” jelasnya.


Dengan begitu, peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, salah satunya Qeren yang juga berasal dari Desa Wajak mengatakan, kegiatan ini sangatlah bermanfaat.


“Saya jadi tau bagaimana cara menyelamatkan diri kalau ada gempa bumi,” papar siswi kelas 3 yang mengikuti kegiatan ini.


Pendidikan Terbaru