• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat dengan Dokter Spesialis Andrologi RSI Unisma

Mengenal Lebih Dekat dengan Dokter Spesialis Andrologi RSI Unisma
Dokter Spesialis Andrologi RSI Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Dokter Spesialis Andrologi RSI Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim
Dokter Spesialis Andrologi adalah ilmu kedokteran yang khusus mempelajari struktur serta fungsi sistem reproduksi pria. Ilmu ini dipelajari sejak akhir tahun 1960-an. Yang termasuk Andrologi adalah penyakit alat vital, gangguan fungsi seksual, penyakit kelamin serta penyakit yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi pada pria.


Dokter yang mengkhususkan diri dalam menangani masalah yang berhubungan dengan reproduksi pria dikenal sebagai ahli andrologi. Perkembangan andrologi merupakan dampak yang sangat besar dari kemajuan ilmu kedokteran. Sehingga kini andrologi mendapat tempat sebagai bidang spesialis yang penting dan dibutuhkan masyarakat.


Terdapat 90% masalah reproduksi pria yang memiliki penyebab yang dapat di diagnosa lalu disembuhkan bersama dokter andrologi. Penanganan bisa dengan obat-obatan atau pada kasus tertentu butuh terapi dan pembedahan.


Dokter spesialis andrologi biasanya mengatasi beberapa masalah kesehatan, diantaranya Infertilitas pria, sekitar 50 persen dari semua masalah kesuburan yang dialami pasangan suami istri disebabkan oleh ketidaksuburan faktor pria. Perawatan yang cepat dan tepat waktu untuk semua masalah terkait ketidaksuburan faktor pria akan menjadi pilihan yang lebih baik.


Gangguan prostat, pria diatas usia 50 tahun sering mengalami masalah prostat. Prostat adalah kelenjar yang berhubungan dengan produksi air mani pada pria. Penyakit umum lainnya yang berhubungan dengan kelenjar ini adalah pembesaran kelenjar prostat, prostatitis dan kanker prostat.


Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual. Semua pria mungkin merasa sulit untuk menghadapi situasi ini. Namun, dengan pengobatan yang tepat dilakukan pada waktu yang tepat oleh dokter spesialis andrologi, kondisi ini dapat diobati.


Kekurangan hormon pria, salah satu hal yang memainkan peran penting dalam memberi pria atribut khas pria yang juga dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya adalah kekurangan hormon atau androgen pria. Berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi dapat membantu seseorang menemukan penyebab pasti dan solusi yang efektif akan masalah kesehatan yang ia alami.


Dokter spesialis andrologi memiliki kompetensi untuk mendiagnosis, melakukan berbagai tes penunjang, menentukan rencana perawatan, memberikan obat-obatan, menentukan tindakan medis untuk pengobatan hingga pembedahan.


Berikut ini beberapa kompetensi androlog dalam menjalankan prosedur tindakan medis pada pasien yakni menganalisis sperma dan air mani, menganalisis semen dengan morfologi ketat.
Selanjutnya kriopreservasi yang merupakan metode yang digunakan untuk penyimpanan dan pembekuan sel sperma, menganalisis semen pasca vasektomi, mengevaluasi biopsi testis, melakukan tes antibodi sperma, mengevaluasi ejakulasi retrograde, bank sperma dan bayi tabung.


Jadi jika kamu atau orang terdekatmu mengalami masalah seperti prostatitis, kanker prostat, kanker penis, kanker testis, disfungsi ereksi, infertilitas, varikokel, hidrokel, balanitis, torsio testis, dan ejakulasi dini, maka segera buat janji dengan dokter spesialis andrologi di rumah sakit Malang terdekat.


Pendidikan Terbaru