• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Pendidikan

RSI Unisma Adakan Senam Jantung Sehat saat Ramadhan

RSI Unisma Adakan Senam Jantung Sehat saat Ramadhan
Senam jantung sehat oleh RSI Unisma. (Foto: NOJ/ ISt)
Senam jantung sehat oleh RSI Unisma. (Foto: NOJ/ ISt)

Malang, NU Online Jatim

Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) mengadakan senam jantung sehat bulan Ramadhan. Kegiatan yang digelar pagi hari mulai pukul 07.00 WIB itu dipusatkan di Gedung Baru Lantai 8 (Rooftop), RSI Unisma, Rabu (27/03/2024).

 

Program Senam Jantung Sehat ini digelar 2 pekan sekali dalam sebulan pada hari biasa (non-Ramadhan). Kegiatan ini melibatkan pegawai rumah sakit, pasien jantung, dan masyarakat umum tanpa dipungut biaya alias gratis.

 

Kegiatan ini memiliki dua tujuan utama, yakni preventif (pencegahan) dan rehabilitatif (rehabilitasi). Gerakan senam jantung sehat yang dilakukan sudah sesuai standard dari Yayasan Jantung Indonesia. Apalagi kegiatan ini dipimpin oleh instruktur Ibu Rini Ungu selaku Manager Bidang Preventif Yayasan Jantung Indonesia Cabang Malang Raya.

 

Senam Jantung Sehat sendiri memiliki banyak manfaat pada bulan puasa. Di antaranya memperlancar aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh hingga memperbaiki denyut nadi sebagai salah satu komponen penting untuk menunjukkan kesehatan jantung.

 

Senam jantung sehat merupakan salah satu bentuk olahraga yang unik dengan memadukan irama dan gerakan yang bervariasi yang berfungsi untuk meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paru-paru dan pembuluh darah serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

 

Setelah kegiatan senam jantung juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) oleh tim PKRS RSI Unisma Eviningrum AMd Kep.

 

RSI Unisma berupaya untuk turut andil menekan angka kematian akibat penyakit jantung dan menjaga kebugaran dengan menyelenggarakan kegiatan senam jantung sehat yang baik dan benar tanpa dipungut biaya sedikitpun.

 

Perlu diketahui, jadwal kegiatan senam jantung sehat di RSI Unisma pada bulan Ramadhan 2024 tahun ini akan diinformasikan terlebih dahulu di WhatsApp Grup dan sosial media instagram @rsiunisma.


Pendidikan Terbaru