• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Pendidikan

RSI Unisma Jalankan Program BIAN 2022 Selama Satu Bulan

RSI Unisma Jalankan Program BIAN 2022 Selama Satu Bulan
RSI Unisma jalankan Program BIAN 2022. (Foto: NOJ/humas)
RSI Unisma jalankan Program BIAN 2022. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim
Program Pemerintah Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan upaya Kementerian Kesehatan untuk memberikan imunisasi kepada anak karena dampak dari pandemi Covid-19 yang menutup total akses, interaksi maupun kegiatan masyarakat.


BIAN dilaksanakan selama satu bulan, di seluruh provinsi Indonesia secara bertahap. Periode pertama diselenggarakan mulai bulan Mei 2022 di seluruh provinsi di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Periode kedua diselenggarakan mulai Agustus 2022 di seluruh provinsi di Jawa dan Bali.


Sebagai salah satu bentuk ikut partisipasi RSI Unisma dalam program pemerintah BIAN ini, maka RSI Unisma bersama PKM Dinoyo hadir pada tanggal 11 Agustus 2022 di Dinoyo RW 3, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.


Terdapat sekitar 59 undangan yang dibagikan ke warga RW 3 Dinoyo untuk warga sekitar yang memiliki anak balita dan belum diimunisasi. Pelaksanaan acara imunisasi di posyandu Mawar dimulai pada pukul 08.30 hingga 11.30 WIB.


Kegiatan BIAN di RW 3 Dinoyo banyak yang datang untuk memeriksakan kesehatannya dan juga memberikan imunisasi bagi anaknya, Timkes dari RSI Unisma yaitu dokter dan perawat memberikan imunisasi secara langsung terhadap anak atau balita. Sebelum diberikan imunisasi dilakukan screening oleh perwakilan puskesmas Dinoyo, seperti pengecekan data kemudian cek suhu dan kondisi bayi. Jumlah peserta balita yang diimunisasi di posyandu Mawar RW 3 Dinoyo sekitar 52 balita. Sebelumnya, anak-anak juga diberikan vitamin terlebih dahulu oleh para Kader Posyandu Balita RW 3 Dinoyo.


Ketua Posyandu Balita RW 3 Dinoyo, Erny Kartikawati mengapresiasi kegiatan kolaborasi bersama puskesmas Dinoyo dan RSI Unisma untuk penyelenggaraan program BIAN ini. Pihaknya sangat terkesan atas kerjasama yang dilaksanakan bersama-sama dan acara posyandu juga berjalan sukses.


“Dari posyandu mawar Dinoyo Alhamdulillah kegiatan BIAN berjalan lancar tanpa ada kendala, hanya ada beberapa anak yang karna sakit dan pergi tidak bisa mengikuti BIAN. Tetap akan dilaksanakan imunisasinya di puskesmas dalam waktu dekat ini, di bulan Agustus, terima kasih juga atas kedatangan bersamanya dari Puskesmas Dinoyo dan pihak dari RSI Unisma,” tandasnya.


Pendidikan Terbaru