• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

Tim CDC UIN Malang Lacak Alumni ke Berbagai Provinsi di Indonesia

Tim CDC UIN Malang Lacak Alumni ke Berbagai Provinsi di Indonesia
Tim CDC UIN Malang lacak alumni ke berbagai provinsi di Indonesia. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
Tim CDC UIN Malang lacak alumni ke berbagai provinsi di Indonesia. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Dalam rangka mendapatkan data valid dan terukur, berbagai upaya telah dilaksanakan tentang pelacakan alumni. Tim Career Development Center (CDC) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melakukan roadshow pelacakan ke pengguna alumni UIN Maliki Malang ke berbagai provinsi di Indonesia.


Tim survei pengguna alumni UIN Maliki Malang melakukan kegiatan dengan dua cara, yaitu online dan offline. Pelacakan online dilakukan dengan menggunakan platform aplikasi tracer para alumni.


Sementara pelacakan offline dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi tempat alumni bekerja. Kegiatan ini secara perdana dimulai Senin sampai Rabu (3-5/10/2022) di SMPN 10 Teluk Awang Pujut Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB).


SMPN 10 ini berada di pesisir laut Teluk Awang dan dihimpit perbukitan dan pegunungan. Kegiatan ini juga tersebar di.berbagai daerah, di antaranya provinsi Jawa Timur, yaitu Ngawi, Madiun, Ponorogo, Kediri, Tulungagung, Blitar, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, dan Malang.


Ketua CDC UIN Malang, Dr. Muh. Hambali, M.Ag yang turun langsung pelacakan ke pengguna alumni memastikan para alumni yang bekerja sudah dibekali keahlian berbahasa Inggris dan Bahasa Arab yang dibentuk pembiasaan di ma’had.


“Para alumni juga dibekali kemampuan bidang program studi agar relevasi dengan kebutuhan tempat kerja yang sesuai,” katanya.


Pada saat yang sama, tim survei pengguna alumni sekaligus menjadi pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Malang, Dr. H. Abdul Aziz, M.Ag menyampaikan bekal materi prodi dan materi dua bahasa yang dibiasakan di ma’had bisa dimanfaatkan di masyarakat.


"Ayo segara berjejaring para alumni yang terhimpun di IKA UIN Malang di NTB. Karena potensi para alumni akan menjadi berkembang manakala mendapatkan kesempatan tumbuh lahan yang subur,” terangnya.


Dijelaskan, UIN Malang diibaratkan seperti lahan yang subur, lahan yang subur sebagai pondasi dasar pengembangan minat dan bakat untuk melukis prestasi yang unggul dari yang sudah unggul di UIN Maliki Malang.


Sementara itu, Ketua IKA UIN Malang provinsi NTB, Dr. H.Asrorudin, M.Ag menambahkan, terbentuknya IKA UIN di NTB untuk menjembatani alumni asal NTB untuk bergabung ke organisasi masing-masing di daerah.


“Tujuannya agar dapat mendorong para alumni untuk berkarya dan mengabdi di tempat kelahirannya, yakni unggul dan bereputasi internasional di berbagai bidang akademik,” jelasnya.


Oleh karena itu, Tuan Guru Asror begitu sapaan akrabnya ini berharap, dengan diadakannya pelacakan alumni dan survei pengguna alumni itu dapat digali berbagai macam potensi yang dapat di sinergikan dengan IKA UIN Malang di NTB.


Ketua IKA UIN Maliki Malang di NTB ini mempunyai segudang bisnis di NTB dan mempunyai lembaga pendidikan yang hasilnya untuk pengembangan sumber daya manusia para alumni UIN Maliki Malang.


Pendidikan Terbaru