• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang Kuliah Isu-isu Ekologi dan Kemanusiaan

Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang Kuliah Isu-isu Ekologi dan Kemanusiaan
Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang kuliah isu-isu ekologi dan kemanusiaan. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang kuliah isu-isu ekologi dan kemanusiaan. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Batu, NU Online Jatim
Ratusan mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang dibekali Kuliah Umum dari Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden RI, Dr H Rumadi Ahmad. Kegiatan yang bertajuk ‘Menatap Masa Depan Islam Indonesia (PTKIN Merespons Isu-isu Ekologi dan Kemanusiaan)’ dilaksanakan di Aula Gedung B, Pascasarjana UIN Malang, Jalan Raya Dadaprejo, Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Kamis (29/09/2022).


Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden RI, Dr H Rumadi Ahmad mengatakan, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia yang memiliki karakter toleran dan moderat.


"Karakter toleran dan moderat ini merupakan hasil dari model penyebaran Islam yang dilakukan dengan damai," katanya.


Dijelaskan, bangsa Indonesia mempunyai sosial historis yang bisa digunakan modal untuk menjadi bangsa yang moderat. "leh karenanya, lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren, madrasah, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus menjadi benteng moderasi dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.


“Mahasiswa menyadari bahwa bangsa Indonesia mempunyai kekayaan dan modal sosial yang luar biasa, yang diwariskan ulama-ulama terdahulu,” jelas Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2015-2021 tersebut.


Menurutnya, sesuatu yang diwariskan sudah seharusnya dilestarikan. Selain itu, mahasiswa harus terus menggelorakan semangat kebangsaan agar tidak mudah terjebak organisasi yang mempersoalkan eksistensi negara Indonesia.


“Biasakan menyaring hal-hal baru yang ada," pungkas Dosen Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.


Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Malang, Prof. Dr. H. Wahidmurni memaparkan, Pascasarjana merupakan bagian dari UIN Malang yang memiliki tujuan menginternalisasi moderasi beragama kepada seluruh masyarakat.


"Ini otomatis dari salah satu program yang dikembangkan adalah bagaimana moderasi beragama ditanamkan kepada mahasiswa Pascasarjana, karena kalau bukan kita siapa lagi yang menjadikan Islam Rahmatan Lil Alamin," tuturnya.


Menurutnya, Kuliah Tamu yang terselenggara nantinya akan digelar secara berkala sesuai spesifikasi program studi yang ada di Pascasarjana UIN Malang. Di Pascasarjana banyak program-program yang dikembangkan selain kuliah tamu juga ada kegiatan di luar kelas yang terprogram, salah satunya yaitu moderasi beragama.


Pendidikan Terbaru