• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Pendidikan

Dies Natalis ke-61, UIN Malang Jadi Percontohan Lembaga Pendidikan Tinggi

Dies Natalis ke-61, UIN Malang Jadi Percontohan Lembaga Pendidikan Tinggi
Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin. (Foto: NOJ/Humas)
Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin. (Foto: NOJ/Humas)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Kick Off peringatan Dies Natalis yang ke-61 sekaligus menyambut Hari Santri Nasional (HSN) dan Hari Pahlawan. Acara dipusatkan di lapangan utama UIN Malang, Selasa (20/09/2022).


Rektor UIN Malang, Prof. Zainuddin mengatakan, kampus yang sudah berusia lebih setengah abad ini menjadi percontohan untuk lembaga pendidikan tinggi lainnya dari berbagai aspek. "Saya harap semua elemen menyambut dengan sukacita dan bersemangat untuk memajukan lembaga kita ini," katanya.


Menurutnya, tahun 2021 hingga tahun 2023, kampus berlogo Ulul Albab ini terlibat pada internasional recognition and reputation. Hal tersebut sudah ditandai dengan berbagai indikator yang mengarah pada hal tersebut, termasuk dengan adanya pembangunan sarana gedung kampus 3.


“Perguruan tinggi ini akan terus berupaya menjadi the center of excellence and Islamic civilization, pusat keunggulan dan peradaban Islam dunia, yakni menjadi World Class University,” terang pria kelahiran Bojonegoro itu.


Dijelaskan, UIN Malang telah merancang tahap pengembangan empat tahunan, di antaranya tahap pertama, Institution Establishment and Academic Reinforcement yang sudah berlangsung dari tahun 2006–2010. Kemudian tahap kedua dan ketiga, yaitu Regional Recognition and Reputation yang sudah berlangsung tahun 2011–2015 dan 2016–2020.


“Serta tahap keempat dan kelima yaitu International Recognition and Reputation yang sedang berlangsung saat ini mulai tahun 2021–2025 dan 2026–2030. Saat ini kita pada posisi tahap empat ini," paparnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis Unisma, Prof Agus Maimun menambahkan, berbagai kegiatan nantinya akan digelar untuk menyemarakkan Dies Natalis UIN Maliki Malang ke-61 sekaligus memperingati HSN dan Hari Pahlawan.


"Akan ada perlombaan olahraga hingga kegiatan akademik seperti seminar bertaraf Internasional oleh semua fakultas," tambahnya.


Sedangkan kegiatan yang menyentuh masyarakat luas di antaranya khitan masal, launching buku dan temu alumni pada akhir Oktober mendatang. Oleh sebab itu pimpinan saat ini harus melaksanakan amanah road map atau mail stone ini termasuk di dalamnya pengembangan kelembagaan.


Pendidikan Terbaru