• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

UIN Malang Berikan Wawasan Pengelolaan Jurnal di Perguruan Tinggi

UIN Malang Berikan Wawasan Pengelolaan Jurnal di Perguruan Tinggi
Suasana worksop pengelolaan jurnal UIN Malang. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Suasana worksop pengelolaan jurnal UIN Malang. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menghadirkan dosen dari San Diego State University, USA, Prof Grace Cheng yang tidak lain untuk memberikan wawasan pengelolaan jurnal di perguruan tinggi.


Para pengelola yang hadir di workshop yang digelar oleh Pusat Publikasi Ilmiah, LP2M UIN Malang dipusatkan di Hotel Lereng Bromo, Rabu (28/09/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan ilmu mengenai Academic Writing dalam menulis artikel ilmiah untuk diterbitkan di jurnal, buku atau antologi.


Prof Grace menjelaskan, di dalam problem pertama yakni jika belum memiliki topik yang akan ditulis tidak perlu terburu-buru menulis jika itu memang belum ada ide yang pasti. Untuk mendapatkan ide tersebut, bisa memperbanyak referensi dengan membaca artikel-artikel yang sesuai dengan bidang keilmuan.


“Entah itu yang terbit di jurnal ilmiah maupun antologi," katanya.


Selanjutnya, membuat outline draft merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan jika ingin mendapatkan ide menulis. Dalam tahap ini, penulis bisa membuat rangkuman dari artikel yang telah dibaca. Lalu poin-poin apa saja yang di dapat bisa memicu ide baru untuk ditulis.


"Pastikan bahwa the points need to illuminate how your work contributes to the field," jelas alumni University of Hawaii at Manoa, Honolulu ini.


Pendidikan Terbaru